Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengingatkan agar para pelaku usaha olahan ikan memperhatikan mutu dan kualitas produknya agar bisa bersaing dan meningkat kualitasnya.

"Kita terus berupaya meningkatkan taraf kesadaran para pengolah ikan terkait dengan pentingnya menjaga jaminan mutu dalam produk olahan ikan mereka," kata Kabid Penguatan Daya Saing Produk Dinas Perikanan Karawang, Ema Hendaryani, di Karawang, Selasa.

Ia menyampaikan, dalam meningkatkan jaminan mutu hasil olahan perikanan, Dinas Perikanan Karawang mendorong para pengolah hasil perikanan di Karawang untuk harus memiliki buku panduan mutu.

"Alhamdulillah, saat ini yang memiliki buku panduan mutu terus bertambah, serta ada 30 pengolah yang telah memiliki sertifikat SKP (standar kelayakan pengolahan)," kata Ema.

Ia mengatakan, dalam meningkatkan jaminan mutu hasil olahan ikan pihaknya juga telah merehabilitasi 11 unit pengolah ikan yang anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus APBN.

Meskipun demikian, lanjut dia, persoalan jaminan mutu pengolahan hasil perikanan tidak hanya selesai dengan bantuan dari pemerintah. Namun itu butuh dukungan serta kesadaran dari pengolahnya.

Atas hal itulah, ia berharap agar para pengolah hasil perikanan di Karawang bisa menyadari betapa penting jaminan mutu produk. Sebab itu akan berpengaruh pada penghasilan para pengolah.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023