Pemerintah Kabupaten Cianjur Jawa Barat memberikan pelayanan kedinasan pada hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Jalan Abdulllah Bin Nuh mulai dari layanan pembuatan KTP, layanan perizinan, sampai dengan cek kesehatan secara gratis.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Jumat mengatakan, setiap CFD Cianjur yang digelar setiap hari Minggu dapat dimanfaatkan warga untuk berolahraga, belanja, sampai dengan pelayan dinas di Pemkab Cianjur.

"Berbagai pelayanan dinas diberikan untuk memudahkan warga yang membutuhkan, sehingga digelarnya CFD dapat dimanfaatkan warga dalam mengurus berbagai keperluan tanpa harus datang ke dinas, termasuk donor darah untuk membantu sesama," katanya.

Herman menjelaskan, pelayanan yang diberikan masing-masing dinas seperti Disdukcapil, Dinkes, Dinas Perizinan, Dishub, Arpusda, Bapenda, dan Disnakertrans Cianjur dapat dilakukan setiap pekan di sejumlah anjungan yang ada di sepanjang jalur CFD.

Dia merinci, pelayanan dinas yang diberikan mulai dari administrasi kependudukan, pelayanan parkir berlangganan, cek kesehatan dan vaksin hewan, cek kesehatan gratis, perpustakaan keliling, pembayaran pajak, layanan kartu kuning, dan layanan perizinan serta pelayanan lainnya.

"Silakan manfaatkan semua pelayanan yang diberikan pemerintah daerah sebagai upaya meringankan beban warga yang membutuhkan, termasuk berbelanja produk unggulan UMKM dalam rangka meningkatkan perekonomian Cianjur," katanya.

Herman menambahkan, berbagai produk UMKM Cianjur yang dijajakan di CFD merupakan produk unggulan yang sudah menembus pasar nasional dan internasional, sehingga harus menjadi kebanggaan membeli produk lokal.

"Kami selalu melibatkan pelaku UMKM dengan produk unggulan-nya dalam setiap kegiatan dinas dan umum, termasuk di CFD disediakan tempat sebanyak mungkin untuk pelaku usaha kecil dalam memasarkan produknya," kata Herman.



 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023