Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terkait implementasi keterbukaan informasi publik (KIP) yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi selama ini.

"Kedatangan kami ini bertujuan untuk menilai inovasi pelayanan informasi publik serta strategi dalam pelaksanaannya," kata Komisioner Komisi Informasi Jabar Yudaningsih di Sukabumi pada Selasa.

Menurut Yuda, Kota Sukabumi merupakan daerah terakhir di Jabar yang dikunjungi pihaknya dalam rangka monev implementasi KIP. Setelah dilakukan pemantauan secara langsung dan evaluasi terhadap layanan publik yang dijalankan Pemkot Sukabumi, pihaknya memberikan apresiasi.

Ia menilai Pemkot Sukabumi terus menciptakan inovasi-inovasi terkait KIP untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan serta memudahkan akses bagi warga yang ingin mencari berbagai informasi tentang layanan.

Ada dua inovasi layanan publik yang menjadi unggulan Pemkot Sukabumi yakni layanan penerbitan akta kematian berdasarkan buku pokok pemakaman yang dinamakan layanan Bintang di Taman dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil), serta layanan Pembayaran Non-Tunai Pengujian Kendaraan Bermotor (Panon Pendekar) yang dikelola oleh Dinas Perhubungan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023