Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memaparkan potensi sumber energi  yang dimiliki  kepada tim riset Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada (PSE UGM) yang berkunjung ke Pendopo Sukabumi, di Sukabumi, Senin.

"Kabupaten Sukabumi kaya akan sumber energi yang bisa dijadikan sebagai cadangan energi yang dibutuhkan masyarakat khususnya Kabupaten Sukabumi antara lain energi listrik," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami. 

Menurut Marwan, Kabupaten Sukabumi yang memiliki tagline gunung, rimba, laut, pantai, sungai, seni dan budaya (gurilapss) memiliki sumber daya alam (SDA) yang mumpuni di mana di dalamnya banyak mengandung potensi energi baru terbarukan.

Adapun sumber energi baru terbarukan tersebut antara potensi panas bumi yang berada di sekitar Kecamatan Kabandungan dan Cisolok. Kemudian sumber energi air di Kecamatan Warungkiara dan sumber energi angin di Kecamatan Ciemas serta gelombang laut yang berada di sepanjang 117 km garis pantai Kabupaten Sukabumi.

Namun demikian, harus diakui kekayaan energi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi baru sebagian kecil saja yang dimanfaatkan, tetapi sampai saat ini sudah ada beberapa potensi energi yang tengah dalam tahap pengkajian. 

Adapun sumber energi yang sudah dimanfaatkan antara lain energi panas bumi di kecamatan Kabandungan dan air di Kecamatan Warungkiara. Untuk sumber energi panas bumi di Kecamatan Cisolok dan energi angin di Kecamatan Ciemas masih dalam tahap pengkajian.

Diharapkan dalam waktu dekat sumber energi tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan cadangan energi khususnya listrik yang tidak hanya diperuntukkan bagi warga Sukabumi saja, tetapi luar daerah.

"Keberadaan sumber energi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi merupakan sumber energi baru terbarukan," katanya.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023