Ribuan simpatisan memadati Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu malam, untuk menghadiri acara Indonesia Memanggil Gibran dengan agenda deklarasi dukungan terhadap Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) pada Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan dalam acara yang mengangkat tema Gibran Anak Muda, Gibran untuk Indonesia tersebut akan disampaikan oleh berbagai kelompok masyarakat, termasuk anak muda, kaum perempuan, buruh, pedagang kecil, mahasiswa, dan tokoh agama.

Para pendukung yang berasal dari berbagai daerah di Jabodetabek itu membawa poster bertuliskan We Love Gibran, We Need Gibran, Indonesia Butuh Anak Muda, dan slogan dukungan lainnya.

Acara ini diinisiasi oleh beberapa tokoh aktivis muda lintas daerah, termasuk, Jawa, Sumatra, dan Kalimantan yang mendukung Gibran untuk menjadi bacawapres pendamping cawapres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto.

Putra sulung Presiden Jokowi yang datang terlambat dalam menghadiri acara yang dihadiri ribuan simpatisan dari Jabodetabek itu meminta maaf karena padatnya agenda pada hari Sabtu ini.

"Hari ini acaranya malam mingguan saja, ya, tidak perlu bahas politik, ya," kata Gibran.

Gibran hanya berpesan kepada semua simpatisan untuk mewujudkan Pemilihan Umum dan Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang aman dan damai.

Wali Kota Surakarta ini berharap tidak ada gesekan antara pihak-pihak yang berbeda pilihan politik.

"Itu yang terpenting," ucapnya.

Ia juga berterima kasih kepada para pendukungnya atas kehadiran mereka pada acara tersebut.

"Mohon doanya yang terbaik," katanya.

Gibran tiba sekitar pukul 21.18 WIB dan menyempatkan diri untuk menyapa serta bersalaman dengan para simpatisan selama 10 menit sebelum memberikan sambutan.
 

Suasana pembukaan acara "Indonesia Memanggil Gibran" yang mendeklarasikan dukungan kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) malam. ANTARA/Uyu Septiyati Liman


Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menerima surat keputusan (SK) rekomendasi sebagai bakal calon wakil presiden dari Partai Golkar pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu.

"Acara hari ini sudah dibahas dalam rapat pleno, dan Partai Golkar mendukung Mas Gibran sebagai bakal calon presiden dari Golkar," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga lantas mempersilakan Gibran naik ke podium untuk menerima SK tersebut. Penyerahan rekomendasi itu didampingi Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus.

"Siap lahir batin memenangkan Mas Gibran," ujarnya.


Pada kesempatan terpisah sebelumnya Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengungkapkan kader partai sekaligus Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka telah menyampaikan kepadanya ingin mengikuti kontes Pilpres 2024.

"Semalam (Jumat, 20/10), (saya) sudah bertemu Mas Gibran dan Mas Gibran menyampaikan bahwa ada kemungkinan ia akan ikut dalam kontes Pilpres (2024)," kata Puan usai menghadiri Konsolidasi Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD se-Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Namun demikian, Puan enggan menjelaskan lebih lanjut karena belum ada keputusan pasti soal pencalonan putra sulung Presiden Jokowi itu sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

"Yang saya ketahui, Mas Gibran saat ini baru menerima rekomendasi dari Partai Golkar untuk bisa maju sebagai bakal cawapres. Namun, mengenai bagaimana selanjutnya, hal itu belum ada keputusan," tambah Puan.

Oleh karena itu, lanjut Puan, hingga kini Gibran masih berstatus sebagai juru kampanye untuk pemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Selanjutnya, Puan mengatakan bahwa dalam menghadapi kontes politik, seluruh partai koalisi, kader, dan simpatisan harus menjaga kekompakan dan solidaritas.

"Ini tidak saya tujukan kepada siapa-siapa; tapi menjelang pemilihan, bisa saja kawan menjadi lawan atau lawan justru menjadi teman," jelasnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan simpatisan hadiri "Indonesia Memanggil Gibran"

Pewarta: Uyu Septiyati Liman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023