Hasil survei bertajuk "WhyVideo" yang dilakukan oleh lembaga riset Kantar pada September 2023 menunjukkan bahwa YouTube menjadi platform video yang paling disukai Generasi Z (Gen Z) di Indonesia.

"Kantar menemukan bahwa YouTube adalah layanan video yang paling disukai penonton Gen Z di Indonesia. Survei ini juga menekankan lebih lanjut bahwa Gen Z memilih YouTube sebagai platform favorit untuk menonton berbagai jenis video," kata Regional Director YouTube Asia-Pacific Ajay Vidyasagar dalam acara Media Briefing YouTube Works Awards Southeast Asia: The Finale 2023 di Jakarta, Kamis.
 
Ajay menjelaskan dari total 2.204 penonton video mingguan dengan rentang usia 18–64 tahun yang menjadi responden survei tersebut, seluruh responden yang masuk kategori Gen Z atau berusia 18–24 tahun memilih YouTube sebagai platform favorit untuk menonton berbagai jenis video.
 
Total Gen Z sebanyak 607 orang dalam survei itu beralasan menyukai YouTube karena platform tersebut memiliki konten yang beragam dan mendalam sehingga memungkinkan mereka menjelajahi lebih jauh topik yang disukai. Di samping itu, para Gen Z itu pun menilai dengan mengakses YouTube berarti mereka memanfaatkan waktu dengan lebih efektif untuk mendalami minatnya dibandingkan platform video lain.
 
Gen Z yang menjadi responden survei juga menyatakan setuju bahwa YouTube memungkinkan mereka mengakses beragam jenis konten, mulai dari video pendek, video panjang, hingga video siaran langsung.
 
Lalu melalui survei itu, diketahui pula bahwa 62 persen responden yang merupakan Gen Z tersebut mengaku paling tertarik menggunakan layanan video yang dapat dibuka di berbagai perangkat secara lancar.
 
"Sebanyak 57 persen mengaku paling tertarik menggunakan layanan video yang dapat dibuka di berbagai perangkat secara lancar dan 56 persen tertarik pada layanan video yang memberikan rekomendasi yang bagus," kata Ajay.
 
Survei dari Kantar tersebut menerapkan metode riset kuantitatif berskala global dan mengkaji temuan melalui perspektif regional dan lokal. Survei dilakukan secara daring selama 15 menit terhadap setiap responden selama September 2023.
 

You Tube Komitmen pada Aturan

Platform berbagi video YouTube menyatakan terus berkomitmen menghadirkan beragam konten bagi masyarakat Indonesia yang sesuai dengan pedoman komunitas, kebijakan penggunanya, dan aturan hukum yang berlaku di Tanah Air.

"YouTube selalu memperhatikan keselamatan pengguna dan pengiklan serta seluruh sistem kami yang sebagian digerakkan oleh mesin dan sebagian lagi oleh manusia untuk memastikan bahwa apa pun yang ada di YouTube mematuhi pedoman komunitas dan kebijakan pengguna kami serta hukum yang ada," ucap Regional Director YouTube Asia-Pacific Ajay Vidyasagar dalam acara Media Briefing YouTube Works Awards Southeast Asia: The Finale 2023 di Jakarta, Kamis.
 
Di samping itu, ujar Ajay menambahkan, YouTube juga senantiasa bergerak cepat dalam menindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat terkait dengan konten yang diduga tidak sesuai dengan pedoman komunitas, kebijakan pengguna, ataupun aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Kami menindaklanjutinya dengan sangat cepat, lebih dari 99 persen dari semua konten yang dilaporkan telah ditindaklanjuti," ujar dia.
 
Ajay juga menyampaikan dalam lima tahun terakhir YouTube selalu berupaya memastikan pengguna bahkan pengiklan di dalam platform tersebut tetap aman dari berbagai konten buruk.
 
Dalam kesempatan yang sama, pembuat konten YouTube Nessie Judge mengakui platform tersebut menerapkan penilaian yang ketat terkait dengan video yang dapat diunggah oleh pembuat konten. Ia mengatakan YouTube bertindak sangat ketat dalam memastikan video yang akan diunggah pembuat konten sesuai dengan pedoman komunitas.
 
Selaku pembuat konten, Nessie mengungkapkan bahwa YouTube menyediakan Creator Manager yang siap sedia selama 24 jam untuk membantu pembuat konten memastikan kelayakan dan keamanan suatu video untuk dipublikasikan.
 
"Jadi, kami punya Creator Manager yang itu 24 jam bisa dikontak ketika kita tidak yakin, bahkan untuk video-video yang lebih berisiko, mereka bisa memberi tahu dari sisi hukum bagaimana," ucapnya.
 
Nessie juga menyampaikan bahwa belum ada platform lain selain YouTube yang melakukan hal tersebut.
 
"Enggak ada platform lainnya yang melakukan hal itu. That's for sure," kata dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei ungkap YouTube jadi platform video paling disukai Gen Z

Pewarta: Tri Meilani Ameliya

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023