Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan kegiatan acara Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

"Salah satu lagi (acara kirab) yaitu untuk mendeklarasikan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa," kata Komisioner KPU Kabupaten Garut Nuni Nurbayani usai rapat koordinasi persiapan Kirab Pemilu Tahun 2024 di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan Kirab Pemilu 2024 itu merupakan program KPU Pusat sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku sebagai sarana memperkokoh dan mempersatukan bangsa dalam pesta demokrasi.

Dalam kirab itu, kata dia, sekaligus mengenalkan 18 partai politik yang akan berpartisipasi dalam pesta demokrasi Pemilu 2024 di Kabupaten Garut.

"Kirab ini untuk memperkenalkan partai politik ya, karena kita akan mengarak 18 bendera partai politik di delapan titik di seluruh Indonesia, dan Garut juga terlintasi," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan kirab itu sudah dipersiapkan satu bulan lamanya yang nanti akan diselenggarakan selama tujuh hari mulai 14 Oktober 2023 di Kabupaten Garut.

Salah satu rangkaian acara dalam kirab itu, kata dia, menyelenggarakan pawai dengan menyusuri sejumlah ruas jalan di Garut untuk mengkampanyekan ajakan kepada seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan pemilu yang aman dan damai.
"Jadi, nanti kirab itu kita akan melaksanakan pawai ya, pawai kirab ke beberapa titik di Kabupaten Garut dimulai dari Alun-alun (Garut), berakhir di Alun-alun," katanya.

Ia menyebutkan rangkaian hari pertama acara Kirab Pemilu 2024 yakni menerima bendera kirab dari KPU Kabupaten Sumedang kepada KPU Garut, kemudian melakukan konvoi, dan hari berikutnya melakukan sosialisasi tentang pemilu ke berbagai tempat.

Peserta kirab, kata dia, meliputi parpol, instansi pemerintah terkait, penyelenggara pemilu tingkat kecamatan maupun desa, dan komunitas masyarakat lainnya, termasuk pemilih pemula diajak untuk memeriahkan kegiatan itu.

"Kita selain sosialisasikan, kita juga akan menjelaskan tentang pemilu itu apa, apa saja yang dipilih," katanya.

Perwakilan Pemkab Garut, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut Ganda Permana menambahkan, pemerintah daerah siap mendukung dan mensukseskan kegiatan nasional Kirab Pemilu 2024 di Garut.

"Pemilu adalah sarana integrasi bangsa, mari kita sukseskan, jadwal persiapannya sudah ada, mari kita rayakan," kata Ganda.



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023