Kontingen Jawa Barat meraih juara umum dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pordasi Equestrian 2023 di Jakarta Equestrian Park, 10-17 September, yang sekaligus menjadi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Dilansir dari keterangan resmi, Rabu, Jawa Barat meraih lima medali emas, dua perak, dan tiga perunggu. Di peringkat kedua ditempati DKI Jakarta yang memperoleh dua medali emas dan satu medali perak.

Lalu di peringkat ketiga diisi Sumatera Utara yang meraih satu emas, dua perak, dan satu perunggu serta di peringkat keempat terdapat Banten yang meraih satu emas, satu perak, dan dua perunggu.

“Akhirnya dengan segala usaha, kerja keras, dan solidaritas PP Pordasi dengan Ketua Pengurus Provinsi, Pengurus Daerah Pordasi serta peran serta atlet, pelatih, pemilik kuda, dan semua pecinta olahraga berkuda, Kejurnas Equestrian Pordasi 2023 dapat terselenggara dengan lancar,” kata Ketum PP Pordasi Triwatty Marciano.

Kejurnas kali ini diikuti oleh 14 kontingen provinsi yang bertanding pada 12 nomor pertandingan, antara lain, empat nomor dressage, empat nomor jumping, dua nomor eventing, dan pertama kalinya ada disiplin endurance yang mempertandingkan dua nomor pertandingan.

Dari total 12 nomor yang dipertandingkan pada komisi Equestrian itu, setiap nomor akan ada kuota lima terbaik yang nantinya akan berlaga di PON 2024, ditambah dua slot untuk provinsi tuan rumah.

“Terima kasih atas partisipasinya dan juga dukungan dari KONI provinsi, mudah-mudahan tahun depan lebih banyak Kejurnas Pordasi Equestrian, dan semakin banyak provinsi yang ikut serta,” tutup Ketum PP Pordasi.

Total Peraihan Medali Kejurnas Pordasi Equestrian 2023 dan BK. PON XXI Aceh-Sumut 2024 :

1. Jawa Barat : lima medali emas / dua medali perak / tiga medali perunggu.
2. DKI Jakarta : dua medali emas / satu medali perak.
3. Sumatera Utara : satu medali emas / dua medali perak / satu medali perunggu.
4. Banten : satu medali emas / satu medali perak / dua medali perunggu.
5. Sumatera Selatan : satu medali emas / satu medali perak / dua medali perunggu.
6. Nusa Tenggara Barat: satu medali emas / satu medali perunggu.
7. DI Yogyakarta: satu medali perak / satu medali perunggu.
8. Jawa Timur: dua medali perak.
9. Jawa Tengah: satu medali perunggu.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jawa Barat raih juara umum Kejurnas Pordasi Equestrian 2023

Pewarta: Fajar Satriyo

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023