Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI mengajak seluruh pihak dari berbagai unsur pemerintah di Provinsi Jawa Barat untuk membangun kesadaran kolektif memerangi paham radikal dan teror.

"Mari bangun kesadaran kolektif untuk bersama memerangi paham radikal dan teror dimulai dari wilayah kita sendiri. Semoga kerja bersama seluruh pihak ini dapat menjadikan Indonesia aman, damai, dan harmoni," kata Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono pada acara Rapat Koordinasi Satgas Sinergisi Wilayah Provinsi Jawa Barat di Bandung, Kamis.

Menurut Bangbang, kesadaran untuk bersama-sama memerangi paham radikal dan teror telah dilakukan dengan baik oleh BNPT, dengan memulai kegiatan sinergi antar-kementerian/lembaga sejak 2021 di Jawa Barat.

Kegiatan dan bantuan yang diberikan kementerian/lembaga (K/L), kata dia, telah banyak mendukung upaya strategis dalam memerangi paham radikal, intoleran, radikal, dan teror.

"Dukungan yang diberikan K/L seperti bantuan alat kerja, permodalan, pelatihan kewirausahaan, bibit, alat tani, seminar, dan publikasi narasi moderat, semuanya menjadi upaya strategis dalam melawan penyebaran paham radikal, intoleran, radikal, dan teror," katanya.

Bangbang menjelaskan BNPT telah menyalurkan bantuan pembangunan di provinsi tersebut, seperti stimulan perumahan swadaya, pembangunan MCK, elektrifikasi hingga penerangan jalan tenaga surya untuk masyarakat.

"Pembangunan ini diberikan dalam rangka upaya transformasi pola pikir penerima manfaat ke arah yang lebih baik," demikian dikutip dari keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPT ajak unsur pemerintah di Jabar kolektif perangi paham radikal

Pewarta: Fath Putra Mulya

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023