PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) mencatat eksibisi seni instalasi kontemporer KAWS:HOLIDAY di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan pada 19-31 Agustus 2023 mampu mendongkrak kunjungan wisatawan di destinasi itu.

"Kunjungan ke destinasi TWC Prambanan selama berlangsungnya eksibisi KAWS:HOLIDAY mengalami kenaikan sebesar 107,29 persen dibandingkan dengan kunjungan pada 1–18 Agustus 2023," kata Direktur Utama PT TWC Febrina Intan di Kantor Pusat PT TWC, Sleman, Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, selama eksibisi tersebut kunjungan rata-rata per hari sebanyak 9.062 wisatawan. Sementara kunjungan tertinggi tercatat pada Minggu 27 Agustus 2023 dengan jumlah kunjungan sebanyak 18.272 wisatawan.

"Sedangkan angka kunjungan total destinasi Candi Prambanan selama periode 19–31 Agustus 2023 sebesar 117.808 wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, karya seni instalasi seniman kontemporer dari Amerika Serikat yaitu Brian Donnelly ini berhasil memikat wisatawan, terutama dari kalangan milenial, untuk berkunjung ke destinasi wisata Warisan Budaya Dunia versi UNESCO ini.

"Hal ini di luar prediksi kami. Bahkan seni instalasi modern ini bisa turut mendongkrak kunjungan wisatawan, terutama wisatawan usia muda. Mereka mengabarkan lewat sosial media masing-masing, sehingga memancing netizen beramai-ramai berkunjung ke sini," katanya.

Selain itu, Febrina Intan juga menyoroti adanya kolaborasi unik antara KAWS:HOLIDAY Organized by AllRightsReserved dengan Candi Prambanan. Representasi dua karya seni dari dua peradaban yang berbeda ini justru menjadi atraksi yang istimewa serta tiada duanya di dunia.

"Kehadiran wisatawan usia muda di destinasi Candi Prambanan ini menghadirkan harapan baru untuk mengenalkan lebih dalam mengenai Warisan Cagar Budaya Dunia kepada anak muda," katanya.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TWC : KAWS:HOLIDAY dongkrak kunjungan wisatawan di Candi Prambanan

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023