Antarajawabarat.com,6/12 - Suhanda (27) pelaku pembunuhan terhadap wanita yang mayatnya disimpan di dalam koper warna coklat di Kampung Cicunyurug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berhasil ditangkap oleh aparat gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat.

"Suhanda merupakan pembantu dari tersangka utama Suherman (31), dia (Suhanda) dibekuk di kawasan Serpong Banten di kediamannya," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Jumat.

Menurut dia, proses penangkapan Suhanda berawal dari keterangan tersangka utama Suherman.

Ia menuturkan, dalam kasus ini Suhanda alias Wanda berperan memasukkan jasad wanita bernama Henny ke dalam sebuah koper.

"Jadi dari hasil pemeriksaan sementara terhadap pelaku. Dia ini perannya membantu memasukan jasad korban dalam koper dan membawa koper ke mobil," katanya.

Menurut Martinus, tersangka utama Suherman juga menyuruh Suhanda mencari batu yang akan digunakan untuk memberatkan karung dan membeli tali pengikat koper.

"Setelah itu, tersangka membuang jasad korban ke sungai," katanya.

Pihaknya menambahkan, Suhanda saat ini sudah diamankan kepolisian dan pihaknya juga sudah melimpahkan barang bukti ke Polda Metro Jaya.

Penemuan mayat wanita tersimpan dalam koper berwarna coklat terjadi tanggal 2 November 2013. Jenazah korban ditemukan oleh seorang warga yang tengah memancing di lokasi kejadian.

Penemuan tersebut dilaporkan oleh saksi pertama kepada Anin (43) saksi lainnya yang saat itu sedang mencabut rumput di sekitar lokasi sekitar pukul 09.30 WIB.

Dalam laporan kepolisian, Anin mengatakan, dirinya melihat sebuah koper warna coklat di pinggir kali tidak jauh dari lokasi pemakaman warga khusus Tionghoa.

Menurut saksi, kondisi koper masih bagus namun sudah mengeluarkan bau tidak sedap. Dari luar koper terlihat bagian dalam yang terbuka sedikit yakni rambut dan paha korban.

Kejadian tersebut langsung dilaporkan Anin ke warga lainnya dan selanjutnya diterima oleh petugas Mapolsek Gunung Sindur yang langsung mendatangi lokasi untuk melakukan oleh tempat kejadian perkara.

Jenazah korban lalu dievakuasi dan dibawa ke RS Kramatjati untuk diotopsi. Dari hasil olah tempat kejadian perkara, terdapat 50 tusukan di tubuh korban. Kondisi tubuh korban juga sudah membengkak dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Saat ditemukan jenazah mengenakan daster warna coklat dengan motif bunga warna hijau di bagian bawah. Korban juga diketahui menggunakan gigi palsu, cat kuku warna merah dan kuku jempol kaki kanan sudah tidak ada.***2***Budi Suyanto

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013