Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat sepanjang bulan Agustus 2023 angka kunjungan wisatawan meningkat dua kali lipat setiap akhir pekan ke obyek wisata bernuansa alam di wilayah utara dan selatan Cianjur.

Kepala Disbudpar Cianjur, Ahmad Danial di Cianjur Senin, mengatakan wisatawan yang datang didominasi dari Jabodetabek dan sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat seperti Bandung, Tasikmalaya dan Garut yang dominan mengunjungi obyek wisata di wilayah selatan.

"Peningkatan angka kunjungan yang cukup tinggi dilaporkan pengelola tempat wisata di wilayah utara seperti Kebun Raya Cibodas dari 15 ribu orang naik menjadi 30 ribu orang setiap akhir pekan dan obyek wisata Taman Bunga Nusantara dari 12 ribu pengunjung menjadi 25 ribu pengunjung," katanya.

Peningkatan angka kunjungan sudah terjadi sejak awal Agustus dilaporkan pengelola tempat wisata lainnya seperti Curug Citambur, Cikondang, Ocean View Karangpotong dan Pantai Cemara di wilayah selatan Cianjur didominasi wisatawan luar kota.

Pengelola air terjun atau curug mencatat angka kunjungan bulan Juli sekitar 700 orang setiap akhir pekan, mengalami peningkatan di awal bulan Agustus menjadi 1.400 sampai 1.500 orang setiap akhir pekan, didominasi wisatawan dari sejumlah kota/kabupaten di Jabar dan Jabodetabek.

"Untuk lebih meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke obyek wisata di Cianjur, kami menggencarkan promosi melalui media sosial resmi milik dinas dan Pemkab Cianjur, serta melibatkan selebgram yang memiliki pengikut hingga jutaan orang di akun media sosialnya," kata Danial.

Promosi melalui media sosial dinilai cukup mendorong angka kunjungan ke obyek wisata di Cianjur meningkat setiap akhir pekan termasuk promosi masih terjaga nya udara di Cianjur, serta menggelar sejumlah kegiatan seni dan budaya guna menunjang pariwisata.
Plt Manager Kebun Raya Cibodas, Teguh Wahyu Permana, mengatakan sejak awal Agustus 2023, angka kunjungan wisatawan ke kebun raya yang memiliki jutaan koleksi pohon langka mengalami kenaikan dibandingkan bulan Juli dari 15 ribu pengujung meningkat menjadi 30 ribu pengunjung.

"Peningkatan yang cukup tinggi di setiap akhir pekan, mencapai 100 persen didominasi wisatawan asal Jabodetabek, untuk memanjakan pengunjung kami menyiapkan saung kelas edukasi bagi wisatawan yang hendak belajar mengembang biakan tanaman," katanya.



 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023