Sekitar 1.200 warga dan diaspora Indonesia di Belanda, termasuk WNI yang sedang berlibur di sana, memadati halaman belakang Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) Wassenaar, Belanda, untuk  mengikuti upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan KBRI Den Haag, Belanda.

Menurut KBRI Den Haag, jumlah sebesar itu dua kali lebih banyak dibandingkan dengan acara serupa setahun sebelumnya.

"Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme, semangat, dan rasa cinta tanah air yang masih kuat melekat di kalangan diaspora Indonesia di Belanda," kata KBRI Den Haag dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Ini kedua kalinya setelah 2022,  upacara peringatan Kemerdekaan RI bisa diikuti oleh WNI dan masyarakat luas secara terbuka sejak pemerintah Belanda mencabut pembatasan terkait COVID-19 awal tahun lalu.
 

Paskibraka bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih dalam Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Den Haag, Belanda, pada Kamis (17/8/2023). (ANTARA/HO-KBRI Den Haag)

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda Mayerfas memimpin upacara yang dimulai tepat pukul 10.00 pagi itu, sementara Atase Pertahanan Kolonel Laut (P) Muhamad Wirda Prayogo menajdi komandan upacara.

Para peserta upacara mengenakan pakaian adat dan batik aneka rupa dan warna yang menunjukkan kekayaan budaya Nusantara.

Upacara diakhiri dengan tradisi memotong tumpeng tasyakuran dan pemberian penghargaan, yang dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan hiburan rakyat yang menampilkan sajian tari, musik pop dan dangdut, pembacaan puisi, permainan angklung, perlombaan khas 17-an, dan Poco-Poco bersama.

Warga yang hadir juga disuguhi berbagai makanan dan minuman khas Indonesia, pameran karya siswa SIDH, dan layanan perbankan seluler dari BNI Amsterdam.


Di Swedia

Sementara itu Duta Besar RI untuk Swedia Kamapradipta Isnomo mengajak diaspora dan perantauan Indonesia di Swedia dan Latvia turut mempromosikan budaya dan nilai-nilai positif Indonesia kepada masyarakat kedua negara di mana mereka tinggal.

"Warga dan diaspora Indonesia di Swedia dan Latvia mesti terus menjaga hubungan erat dan saling mendukung satu sama lain," kata Kama pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Kama ingin masyarakat Indonesia di perantauan Swedia membangun jembatan persahabatan dan kerja sama yang lebih erat antar kedua negara.

Kama menyatakan nilai perdagangan kedua negara melebihi angka masa sebelum pandemi. Pada 2022, nilai perdagangan kedua negara mencapai 873,7 juta dolar AS (Rp13,4 triliun).

Baca juga: Dubes Malaysia beri pesan kemerdekaan untuk para pekerja migran 

Dalam lima bulan pertama 2023 sampai Mei mencatat 426,3 juta dolar AS (Rp6,5 triliun) atau naik 34,69 persen dibandingkan lima bulan pertama 2022. Kama tak menyebutkan angka perdagangan Indonesia-Swedia selama masa pra-pandemi.

Upacara peringatan HUT RI ini sendiri  berlangsung di Wisma Duta KBRI Stockholm dan dihadiri para sesepuh dan tokoh masyarakat Indonesia yang tinggal di Stockholm dan sekitarnya.

Pada acara ini, seorang staf KBRI Stockholm mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya karena telah mengabdi selama 20 tahun.

Acara itu juga disemarakkan dengan pemberian tumpeng kepada sesepuh masyarakat Indonesia di Swedia, Judo Kusumowidagdo dan Sri Agoes, yang menjadi panutan masyarakat Indonesia di Swedia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 1.200 orang ikuti peringatan kemerdekaan RI di Belanda

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023