Polres Cianjur, Jawa Barat, mengadakan pelatihan khusus untuk pemohon SIM C sebelum melakukan ujian teori dan praktik di lintasan uji praktik SIM C baru yang sudah diterapkan guna memastikan mereka lulus tanpa harus mengulang.

Kanit Regident Satlantas Polres Cianjur Iptu Dhenia Istikadewi di Cianjur, Kamis, mengatakan berdasarkan arahan Kapolri dan penetapan Korlantas Polri, lintasan pengujian SIM C sudah diperbarui dengan menghilangkan jalur berbentuk angka 8.

Baca juga: Sepeda listrik dilarang melintas di jalan raya di Cianjur

"Setelah pemberlakuan lintasan pengujian yang baru, pemohon SIM meningkat, tidak sedikit pemohon langsung lulus saat menjalani ujian praktik berkendara pertama kali," katanya.

Satlantas Polres Cianjur mengadakan pelatihan khusus untuk pemohon SIM C baru, sehingga mereka dapat dengan mudah mendapatkan SIM. Pelatihan yang diberikan termasuk ujian teori dan ujian praktik membawa kendaraan di lintasan yang sudah disiapkan.

Pengendara hanya perlu melaju mengikuti jalur yang sudah dibuat membentuk huruf S, pengendara tinggal mematuhi aturan lainnya seperti berhenti pada tulisan stop dan uji reaksi di akhir jalur.
"Lebar lintasan diperbesar yang sebelumnya hanya 1,5 kali lebar kendaraan diubah menjadi 2,5 kali lebar kendaraan, sesuai penetapan yang baru lebih mempermudah pemohon namun tidak mengurangi esensi menguji keterampilan berkendara," katanya.

Pelatihan yang diberikan bagi pemohon secara cuma-cuma dapat diikuti setiap Sabtu di bagian SIM yang terletak di belakang Mapolres Cianjur, sedangkan materi yang diberikan ujian praktik dan teori.

"Pemohon bisa memanfaatkan layanan pelatihan meskipun lintasan sudah sangat mudah, namun kami ingin memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan pemohon SIM lulus dengan memahami aturan dan terampil berkendara," katanya.

Baca juga: Alasan Polres Cianjur keluarkan suket sementara pengganti SIM

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023