Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa kehadiran Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dalam acara pelatihan juru kampanye pendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo membawa energi positif.

Ia juga menyebut Andika membawa aura kemenangan bagi bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sebab, antusiasme dari peserta pelatihan jurkam begitu terasa.

"Begitu Mas Andika datang suasananya sudah seperti menang. Ada antusiasme," kata Hasto di I News Tower, Jakarta, Selasa.

Hasto mengungkapkan Andika memberikan materi terkait strategi pemenangan Ganjar Pranowo.
 
"Jadi memang beliau hadir untuk memberikan materi secara khusus terkait dengan strategi pemenangan," sambung dia.
 
Menurut Hasto, pengalaman Andika selama menjadi Prajurit TNI, Danpaspampres, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) hingga Panglima TNI serta mendampingi Presiden Jokowi dibagikan dalam materi pelatihan jurkam ini.
 
"Tentu pengalaman yang luas termasuk mendampingi Presiden Jokowi," ucap Hasto.
 
Politisi asal Yogyakarta ini menambahkan bahwa pihaknya seharusnya mendampingi Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di sebuah acara.

Namun, Hasto menyebut bahwa dirinya langsung diperintah oleh Megawati untuk hadir di acara jurkam muda karena akan dihadiri oleh Andika Perkasa, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid hingga Ketua DPP PDIP Puan Maharani.
 
"Sebenarnya saya hari ini ada tugas mendampingi Bu Mega, tetapi begitu saya cerita ada Mas Andika yang datang, nanti ada Mbak Puan, dan Mas Arsjad datang, saya langsung diperintahkan langsung ke sini," terang Hasto.
 
Sementara, Andika Perkasa menyebut kehadirannya dalam pelatihan jurkam muda pendukung Ganjar Pranowo ini untuk memberikan materi soal penggalangan suara.
 
"Materinya penggalangan, umumnya saja karena untuk detailnya di dalam (materi tertutup)," kata Andika Perkasa.
 
Berdasarkan pantauan, Andika Perkasa yang mengenakan pakaian safari berwarna hijau tiba di lokasi pelatihan jurkam sekitar pukul 14.00 WIB.
 
Kehadiran Andika dalam acara tersebut untuk menyampaikan dan memaparkan materi kepada 300 orang jurkam muda pendukung Ganjar.


Dukungan Jokowi

Pada kesempatan terpisah Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo menilai tujuh orang yang ditugaskan Presiden RI Joko Widodo merupakan bentuk dukungan terhadap bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.
"Pak Jokowi ikut menurunkan timnya, menurunkan pembekalan, dan itu menunjukkan Pak Jokowi mendukung Pak Ganjar," ujar Hary di I News Tower, Jakarta, Selasa.
 
Hal ini untuk menepis isu yang menyebut bahwa Jokowi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
Tidak hanya itu, Wali Kota Surakarta sekaligus Putra Pertama Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka turut menjadi juru kampanye dari Ganjar.
 
"Apalagi Mas Gibran juga akan ikut berkampanye untuk Pak Ganjar," jelasnya.
 
Sebelumnya, pada Senin (17/7), Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan terdapat tujuh orang yang ditugaskan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk memenangkan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
“Ada 7 orang yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi. Tim 7 agar mencapai tujuan pemenangan Pak Ganjar Pranowo,” ujar Hasto kepada wartawan di I News Tower, Jakarta, Senin.
 
Akan tetapi, Hasto belum mengungkapkan nama-nama dari tujuh orang tersebut. Ia mengatakan akan mengungkap nama-nama tersebut secara bertahap.
 
“Nanti kami sampaikan secara bertahap,” tuturnya.
 
Hasto mengaku memperoleh nama-nama tersebut pada 22 Juni 2023 ketika ia menghadap Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan.
 
Ketika Hasto menghadap Jokowi, Presiden RI tersebut menyampaikan aspek-aspek strategi untuk memenangkan Ganjar.
 
“Beliau menyarankan bagaimana 'grand' strategi dalam komunikasi ini dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Karena itulah Presiden Jokowi menugaskan, beliau menyebut nama-nama untuk membantu Pak Ganjar Pranowo sehingga nama-nama itu kami hubungi,” kata Hasto.
 
Hasto mengatakan bahwa pihaknya sudah bekerja satu setengah bulan dengan nama-nama yang disebutkan Jokowi sehingga sudah diperoleh suatu strategi yang komprehensif untuk memenangkan Ganjar Pranowo.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PDIP: Kehadiran Andika di pelatihan jurkam bawa suasana kemenangan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023