Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) termasuk di bidang fesyen tentu perlu mengetahui bagaimana strategi menarik calon pelanggan agar bisnis yang dijalankan dapat terus tumbuh di tengah banyaknya kompetitor.
 
Berikut ini kiat-kiat yang dapat dilakukan UMKM fesyen untuk menarik calon pelanggan.

Jangan hanya jual produk, tapi juga gaya hidup

Pemilik usaha SARE studio Putri Andamdewi saat bertemu media di Jakarta pada Kamis mengatakan, penting bagi pelaku usaha untuk tidak hanya menjual produk tapi juga gaya hidup agar brand dapat lebih melekat di hati dan pikiran pelanggan.


Tawarkan value dan keunikan yang berbeda

Pada kesempatan yang sama, pemilik usaha KAMI Michelly Mondong mengatakan bahwa hal yang tak kalah penting untuk menarik calon pelanggan adalah dengan menawarkan value atau nilai dan keunikan yang berbeda dibanding kompetitor.


Hadirkan produk yang timeless

Selain itu, Michelly juga menyarankan untuk menghadirkan produk yang timeless atau tetap relevan sepanjang masa, alih-alih hanya mengandalkan tren yang ada.

"Jadi bukan cuma tren yang sepintas doang, tapi bisa sepanjang masa selalu dipakai dan cocok dengan outfit apapun," katanya.

Utamakan kenyamanan dan kepuasan konsumen

Sementara itu, pemilik usaha Jolie Clothing Stefani Tan mengatakan penting untuk mengutamakan kenyamanan konsumen mulai dari menanyakan produk, melakukan pemesanan, hingga produk sampai ke tangan mereka.

"Waktu dia nanya-nanya, apakah adminnya cepat balesnya? jawabnya seperti apa? website-nya eror atau enggak? Kemudian dari barang dikirim, prosesnya, packaging-nya, sampai ke rumah, itu feeling yang didapat seperti apa?" tutur Stefani.


Gaet pemengaruh

Di samping itu, Fransisca juga mengatakan penting untuk menggaet pemengaruh untuk menjangkau pasar yang lebih banyak.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kiat menarik calon pelanggan yang harus diketahui UMKM fesyen

Pewarta: Suci Nurhaliza

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023