Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo menyebutkan proyek strategis nasional Institut Teknologi Bandung Kampus Cirebon ditujukan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mendukung kebutuhan industri di Jabar.

"Pak Menko Airlangga (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto) sudah menyampaikan bahwa Jawa Barat itu merupakan daerah industri. Maka, ini yang disiapkan oleh ITB Kampus Cirebon untuk link and match-nya, sehingga sesuai dengan kebutuhan sekitarnya," katanya di Subang, Jabar, Sabtu.

Saat ini, ITB Kampus Cirebon sedang dalam proses pembangunan. Kampus dibangun dalam dua tahap yakni periode 2021-2024 dan 2024-2030.

Pembangunan tahap pertama telah dimulai. Hingga sejauh ini, progresnya telah mencapai sekitar 20 persen dari rencana.

Proses belajar mengajar di ITB Kampus Cirebon juga telah dimulai dengan tujuh program studi dan lebih dari 1.000 mahasiswa.

Program studi yang ada di ITB Kampus Cirebon di antaranya Teknik Industri, Perencanaan Kota dan Wilayah, Kriya, Teknik Geofisika, Pertambangan, Perminyakan, dan Oseanografi.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh mengatakan ITB Kampus Cirebon fokus pada pengembangan SDM level 1.

Ke depan, ITB Kampus Cirebon juga berencana menghadirkan program pascasarjana.

"Kami memiliki slogan ITB harus locally relevant, jadi jangan sampai ITB tidak bermanfaat untuk lokalnya. Kami mendukung apa yang sedang dikembangkan di daerah sekitarnya," jelas Abduh.


Wahyu, sebagai Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), yang ditugaskan untuk mengawasi dan mempercepat pembangunan infrastruktur prioritas di Indonesia, berharap ada partisipasi dari pihak swasta terkait pembangunan ITB Kampus Cirebon.

"Beruntung ITB sudah punya beberapa kajian, ini yang mau kami angkat dan tawarkan ke swasta yang tertarik dengan pengembangan SDM," ujarnya.


Sebelumnya  Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat (Jabar) menerima 1.793 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn, di Bandung, Selasa, menjelaskan pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa (20/6) 2023, pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id.

Untuk calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBT 2023 tersebut merupakan peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, pada tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 (Gelombang 1) dan tanggal 22 hingga 28 Mei 2023 (Gelombang 2).

Dia mengatakan pada pelaksanaan UTBK tersebut, ITB merupakan salah satu dari 74 Pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT tahun 2023, 1.793 orang calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB terdistribusi ke berbagai fakultas/sekolah yang tersedia, sesuai dengan pilihan masing-masing calon mahasiswa.

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNBT 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni sampai 1 Juli 2023 secara daring.

Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

Calon mahasiswa ITB lulusan SNBT 2023 diharapkan untuk membaca dan memperhatikan secara seksama informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut.

Sebagai informasi tambahan, mulai tahun akademik 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Pertama Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor.

Dengan demikian, seluruh mahasiswa baru program sarjana ITB tahun akademik 2023/2024 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan berkegiatan di ITB Kampus Jatinangor.

Oleh karena itu, ITB menghimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita- berita terkini melalui laman https://admission.itb.ac.id atau https://www.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920, demikian Naomi Haswanto.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkeo: ITB Kampus Cirebon siapkan SDM untuk industri di Jabar

Pewarta: Imamatul Silfia

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023