Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Ir Achmad Holil Noor Ali MKom menggagas sistem berbasis chat bernama Mecca WABot sebagai asisten pribadi dalam ibadah haji dan umrah untuk membantu permasalahan yang terjadi saat ibadah tersebut.

Achmad Holil Noor Ali di Surabaya, Jumat, menuturkan sistem berbasis chat dirancang karena mudah digunakan oleh berbagai kalangan usia.

"Dengan demikian aplikasi WhatsApp (WA) dapat dimanfaatkan lebih efektif oleh pengguna. Sistem chatbot ini ringan dalam penggunaannya dan lebih fokus dengan apa yang dibutuhkan jamaah haji dan umroh," katanya.

Lebih lanjut, dosen yang akrab disapa Holil tersebut menjelaskan sistem chatbot merupakan teknologi auto-reply pada aplikasi WA. Dengan chatbot, jamaah akan memperoleh informasi yang cepat melalui balasan pesan otomatis pada WA.

"Balasan yang diberikan dalam chatbot sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh jamaah," ucapnya.

Adapun informasi yang tersedia dalam Mecca WABot antara lain terkait panduan ibadah haji dan umrah, amalan di Tanah Suci, dan pengetahuan seputar masjid di Mekkah. Selain itu terdapat petunjuk lokasi tempat ziarah, napak tilas Rasulullah, kawasan dan hotel, tempat oleh-oleh, hingga rute perjalanan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ITS gagas Mecca WABot guna pandu jamaah haji dan umroh

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023