Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan rasa bangga dan bersyukur pada helaran Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 dapat dihadiri para tokoh dan pemimpin muda, di antaranya Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil, yang turut merayakan serta menyaksikan suguhan seni budaya yang ditampilkan.

Dalam rangkaian helaran HJB, Minggu, Bima Arya mengajak semua pihak untuk menjaga warisan leluhur yang merupakan peninggalan pusaka dan tidak hanya bangunan maupun fisik, tetapi juga nilai-nilai.

“Kita jaga Kota Bogor agar kebesaran dari Kerajaan Pajajaran di masa Prabu Siliwangi melegenda," katanya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan unsur Forkopimda hadir dalam Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 tahun, Minggu (4/6) pagi.

Pawai helaran dimulai dari Balai Kota menuju panggung utama di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor. Ketiganya bersama unsur pimpinan Forkopimda Kota Bogor menunggangi kuda.

Ia menyampaikan, Bogor yang beragam, menghargai perbedaan, cinta kepada sesama manusia dan Bogor yang penuh seni budaya. Siapapun wali kota atau pemimpinnya, Kota Bogor akan selalu menjadi kota untuk semua

"Terima kasih untuk kebersamaannya, bangga sekali bersama-sama bergerak membuat Kota Bogor maju dan sejahtera,” kata Bima Arya.

Menparekraf, Sandiaga Uno pun mengapresiasi helaran HJB yang diselenggarakan Pemkot Bogor pada tahun ini sebagai dukungan terhadap geliat pariwisata.

"Wilujeung tepang taun ke-541 tahun untuk Kota Bogor. Ini adalah kota wisata favorit, sebanyak 20 persen dari total pergerakan wisatawan Jawa Barat sekitar 100 juta, ada di kota Bogor," ungkapnya.
Sandiaga melihat masa kepemimpinan Wali Kota Bogor, Bima Arya Kota Bogor luar biasa. Ia berharap merawat pusaka kota yang telah 541 tahun tidak hanya menjadi bagian daripada pariwisata dan ekonomi kreatif, tetapi juga seluruh rajut tenun kebangsaan ini Kota Bogor yang juga dipilih sebagai tempat tinggal bapak Presiden RI, Joko Widodo.

"Saya melihat geliat ekonomi Kota Bogor, luar biasa, banyak peluang dan lapangan kerjanya sangat terbuka," kata Sandiaga Uno.


GuberJabar Apresiasi Kemajuan Bogor

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil mengapresiasi segala kemajuan pembangunan di Kabupaten Bogor pada peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541.

"Saya menghaturkan selamat Hari jadi ke 541 untuk Bogor. Kabupaten terbesar dari jumlah penduduk dan lain-lain, kami mengapresiasi segala kemajuan," kata Emil saat hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD, Cibinong, Bogor, Sabtu.

Ia pun memuji upaya yang selama ini telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, salah satunya dengan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam merealisasikan pembangunan sejumlah infrastruktur.

Kang Emil menyebutkan, dalam kurun lima tahun terakhir, Pemprov Jabar sedikitnya telah menggelontorkan dana bantuan keuangan ke Pemerintah Kabupaten Bogor sekitar Rp1 triliun.

"(Pemprov) Jabar selama lima tahun sudah hampir Rp1 triliun membantu program di Kabupaten Bogor," kata Kang Emil.

Ia menyebutkan, dari setiap kelebihan pasti ada ada hal-hal yang menjadi kekurangan, dan itu harus dijadikan bahan evaluasi.
Kang Emil berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk terus mengedepankan dan mempertahankan hal-hal yang prestatif.

"Mudah-mudahan rekan-rekan media bisa mengawal tahun depan kontes demokrasi, khususnya di lokal Kabupaten Bogor untuk tidak mengulangi hal-hal negatif," katanya.

Lebih lanjut, ia juga berpesan khususnya di tahun politik mendatang agar Kabupaten Bogor tetap kondusif. Sehingga jalannya pesta demokrasi dapat dinikmati oleh masyarakat.

"Saya titip 2024, tolong kondusif, kurangi pertengkaran kita jemput demokrasi dengan damai, siapapun yang jadi pemimpin mudah-mudahan itu yang menjadi kebaikan untuk Kabupaten Bogor," ujar Kang Emil.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bima Arya banggga HJB ke-541 dihadiri Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023