Antarajawabarat.com,7/8 - Polres Bandung mengantisipasi seluruh jalur yang dilalui menuju tempat wisata karena pada lebaran biasanya terjadi lonjakan pengunjung baik pada hari H maupun setelah lebaran.

"Bludakan arus wisata ke arah Garut dan Priangan Timur dipastikan membludak pada Hari Raya Idul Fitri dan beberapa hari ke depan, kami antisipasi dengan menggeser sejumlah anggota ke kawasan itu," kata Kasat Lantas Polres Bandung AKP Eko Munaryanto di Bandung, Rabu.

Eko menyebutkan, bludakan arus lalu lintas warga yang silaturahim antara lain di jalur Cibiru, Cileunyi, Rancaekek dan jalur Nagreg.

Arus lalu lintas kendaraan warga yang silaturahim ke kota terdekat itu akan berbaur dengan arus lalu lintas wisata ke kawasan Priangan Timur.

"Khusus di Cileunyi dipastikan terjadi kepadatan pada Hari Lebaran, kami sudah siapkan rekayasa jalur di persimpangan di sana," kata Eko.

Salah satunya melakukan pengaturan buka tutup dan mengalirkan arus lalu lintas ke jalur Sumedang melalui jalur alternatif.

Pertemuan kendaraan dari Arah Tol Purbaleunyi dengan kendaraan dari arah Bandung dan jalur selatan membuat kawasan itu akan terjadi kepadatan yang cukup signifikan.

Selain itu, pergeseran anggota kepolisian juga dilakukan ke sejumlah titik lokasi wisata di kawasan Bandung utara seperti Ciwidey dan Pangalengan Kabupaten Bandung. Khusus untuk pengunjung obyek wisata Ciwidey dan Rancawalini diimbau agar tidak menggunakan bus ukuran besar karena rawan kemacetan.

"Bus besar akan ditampung di terminal, selanjutnya pengunjung diangkut dengan menggunakan angkutan kecil ke lokasi wisata tujuan, itu baru alternatifnya," katanya.

Kunjungan wisata di Kabupaten Bandung dipastikan menumpuk, pasalnya waktu liburan Lebaran 2013 termasuk pendek yakni kurang dari empat hari.

"Wisatawan diimbau tidak menggunakan kendaraan bak terbuka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di perjalanan," katanya.

Sedangkan di kawasan Nagreg dipastikan terjadi kepadatan arus lalu lintas imbas dari kepadatan di objek wisata Cipanas Tarogong Kabupaten Garut.

"Imbasnya pasti besar, pasalnya arus wisata ke kawasan itu biasanya mencapai puncaknya pada Lebaran. Koordinasi dilakukan dengan Polres Garut termasuk menyiapkan sistem buka tutup untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas," kata Kasat Lantas Polres Bandung itu menambahkan. ***2***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013