Antarajawabarat.com,5/8 - Angkutan travel jurusan Bandung ke Bandara Soekarno Hatta Banten mengalami peningkatan jumlah penumpang sekitar 25 persen dibandingkan hari-hari biasanya.

"Peningkatan jumlah penumpang ke Bandara Soetta meningkat tajam, sekitar 25 persen. Namun tidak sampai menambah armada karena memaksimalkan yang ada saat ini," kata PR Cipaganti Group Astri Prikasih di Bandung, Senin.

Menurut Astri, peningkatan jumlah penumpang ke Bandara hampir dari setiap pool yang ada di Kota Bandung. Rata-rata mereka adalah pemudik yang hendak pulang kampung ke sejumlah kota di Indonesia.

Kenaikan jumlah penumpang juga terjadi untuk jurusan ke timur, yakni Bandung Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Purwokerto serta ke beberapa kota lainnya di Jawa.

"Kenaikannya sekitar 5-10 persen dari biasanya, pemesan tiket memang masih mengantri, namun kami hanya melayani berdasarkan pesanan yang telah masuk. Rata-rata keberangkatan ke wilayah timur di atas 80 persen," kata dia.

Sedangkan untuk angkutan travel Bandung - Jakarta tidak terjadi peningkatan jumlah penumpang, nyaris sama dengan hari-hari biasanya.

Secara umum, kata Astri okupansi penumpang travel Cipaganti Group sekitar 80 persen. Pemesanan tiket juga telah dilakukan oleh penumpang untuk arus balik, sehingga mereka sudah mendapat kepastian angkutan yang akan membawa mereka kembali ke Bandung.

Astri menyebutkan, peningkatan jumlah penumpang itu sudah diantisipasi sejak jauh-jauh hari, dan peningkatan penumpang tahun ini tidak jauh berbeda dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

"Relatif sama dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya, namun ke Bandara Soekarno Hatta memang mengalami peningkatan, dari semua pool yang ada di Bandung," kata Astri menambahkan.***4***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013