Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung mencatat seluruh atlet asal Kabupaten Bandung yang berlaga di SEA Games Kamboja 2023 berhasil meraih medali pada cabang olahraganya masing-masing.
 
Ketua KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana mengatakan atlet dari Kabupaten Bandung yang turun di SEA Games 2023 berjumlah 14 orang. Selain itu, ada dua pelatih dan satu wasit dari Kabupaten Bandung yang juga ikut dalam ajang SEA Games.

Baca juga: 8 Bus Bandros kawal arak-arakan kontingen Indonesia SEA Games
 
"Alhamdulillah semuanya mendapatkan medali, jadi 14 atlet yang meraih medali itu, di antaranya atlet angkat besi Tsabitha itu satu emas," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Jumat.
 
Ia mengatakan, medali yang diraih ke-14 atlet itu terdiri dari empat emas, dua perak, dan delapan perunggu yang diraih dari lima cabang olahraga.
 
Yana merincikan 14 atlet peraih medali itu di antaranya atlet angkat besi Tsabitha Alfiah Ramadhani yang meraih emas pada nomor pertandingan angka besi putri 64 kg.
 
Kemudian tiga atlet dayung asal Kabupaten Bandung yakni Indra Hidayat, Wandi, dan Dede Sunandar yang meraih tiga emas, satu perak, dan empat perunggu.
 
Lalu ada enam atlet hoki outdoor putra dan putri asal Kabupaten Bandung yang meraih perunggu. Di antaranya yakni atlet hoki putra Aulia Akbar, Nurul Maulana, Derangga Aditya, lalu atlet hoki putri yakni Adna Fika Ainun, Nisa Indira, dan Salma Maulani.
 
Selain itu, menurutnya ada tiga atlet polo air asal Kabupaten Bandung yang meraih medali. Tiga atlet yakni Ahmad Fauzi meraih medali perak di tim polo air putra, lalu Nyoman Ayu Safitri dan Indah Savitri meraih perunggu di tim polo air putri.
 
Dan yang terakhir yakni atlet Kun Bokator putri asal Kabupaten Bandung bernama Diana Ratna Dewi pun meraih perunggu.

Baca juga: Marselino dan kawan-kawan pimpin arak-arakan kontingen SEA Games 2023
 
Yana mengatakan 14 atlet itu dijadwalkan akan menerima sambutan dari Bupati Bandung pada Senin (22/5). Mereka juga bakal menerima bonus dari bupati karena telah mengharumkan nama Indonesia, khususnya mewakili Kabupaten Bandung.
 
Ia pun memastikan pihak KONI bakal terus membina para atlet tersebut dan pengurus cabang olahraga di Kabupaten Bandung guna meminimalisir adanya hambatan kebutuhan latihan.
 
"Selain mereka, atlet-atlet lain juga disiapkan untuk PON, otomatis ya yang masuk SEA Games kemarin biasanya jadi andalan Jawa Barat (untuk PON)," kata Yana.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023