Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan arus mudik dan balik pada Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

Kepala Bidang Angkutan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Bandung Asep Kurnia di Bandung, Senin, mengatakan persiapan mulai dari pengecekan kelaikan armada, fasilitas perlengkapan jalan, hingga posko pengamanan mudik untuk membantu kelancaran arus lalu lintas di jalan berkolaborasi dengan kepolisian serta pengerahan personel tambahan.

Asep Kurnia menjelaskan pengujian kelaikan (ramp check) armada bus yang ada di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang dilakukan mulai dari H-7 sampai H+7 masa angkutan Lebaran.

"Kami mengawasi kesiapan jumlah armada dan ketersediaan jumlah kursi penumpang di terminal. Lalu menyiapkan fasilitas pelayanan pada terminal yang berasal dalam lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, dalam hal ini Cicaheum," ucap Asep.

Pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas perlengkapan jalan selama masa mudik dan balik Lebaran tahun 2023 guna  memudahkan dan menambah keamanan masyarakat.

"Kami persiapkan berbagai fasilitas perlengkapan seperti traffic cone, water barrier, rambu-rambu petunjuk jurusan," ucapnya.

Pihaknya berkolaborasi dengan Polrestabes Bandung menempati posko mudik di 15 titik antara lain Pospam Cikapayang, PVJ, Paskal Hyper Square, Terminal Ledeng, Gedung Merdeka, Simpang Dago, Gedung Sate, Yogya Kepatihan, Trans Studio Mall, Ujungberung, Metro Indah Mall, Gerbang tol Buahbatu, bundaran Cibiru, Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum. 
Dishub Kota Bandung mengerahkan 623 orang yang terdiri dari bidang dalops 237 orang ditempatkan di 44 titik macet dan pospam, kemudian bidang angkutan 86 orang di pospam pelayanan, posko induk, dan ramp check.

"Bidang lalin (lalu lintas) 63 orang melayani pos ATCS 24 jam. Bidang sarpras 100 orang bertugas piket lampu PJU pada malam hari ada tiga regu, jadi selama H-7 sampai H+7 digilir," ujarnya.

Selain itu diperbantukan juga dari bagian Sekretariat 15 orang, BLUD Angkutan 17 orang, dan BLUD Parkir 67 orang untuk monitoring parkir di tempat wisata dan hiburan. Lalu UPT Terminal ada 38 orang melekat di Terminal Cicaheum.

"Setiap pos masing-masing ditugaskan lima orang per shift, pagi dan siang. Shift pagi mulai pukul 07.00-14.00 WIB. Shift siang dari pukul 14.00-21.00 WIB," katanya.

Asep juga mengimbau bagi masyarakat yang akan mudik untuk berhati-hati di jalan dan menjaga barang bawaannya jangan sampai tertinggal atau dicuri oleh orang lain.

"Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, cek dulu kondisi kendaraan apakah sudah layak jalan, terutama pada sistem rem dan kemudi, ban, lampu, wiper dan lainnya. Untuk kondisi perlu di-check up, apakah sedang sakit atau tidak. Harus diperiksa dulu kesehatan," tuturnya.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023