Antarajawabarat.com, 24/6 - Festival Film Jerman 2013 hadir di delapan kota di Indonenesia yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Balikpapan dan Palu menjadi wujud kemesraan diplomasi Indonesia-Jerman.

"Di Bandung pemutaran film ini baru pertama kali. Tahun 2012 dulu kita putar festival di Jakarta dan Makassar, kegiatan ini wujud kemesraan Indonesia-Jerman," kata Elizabeth Soegiharto, Koordinator Proyek Program Goethe Institut, di Paris Van Java Jalan Sukajadi Kota Bandung, Sabtu.

Pemutaran pertama kali di Kota Bandung ,Festival Film ini menayangkan delapan dari 15 film yang telah dipilih selama dua hari, Sabtu (22/6) dan Minggu (23/6).

Menurut Elizabeth, Festival Film Jerman ini diangkat sebagai bentuk nyata dari diplomasi yang baik diantara kedua negara.

"Melalui ajang seperti ini, kita dapat melihat diplomasi kedua negara itu sangat baik," katanya.

Ia menjelaskan, selain menayangkan film Jerman, Goethe Institut juga mengadakan ajang budaya dan musik guna memperkenalkan budaya Jerman kepada bangsa Indonesia.

Menurut dia, banyak yang menarik dan bagus untuk diangkat dari Jerman yang selama ini berada di belakang bayang-bayang film Hollywood.

"Selama ini kebanyakan yang tayang film Hollywood, padahal masih banyak juga film yang bagus. Salah satunya film Eropa," kata Elizabeth.

Dari ke-15 film yang disaring oleh kritikus film, Joko Anwar, Ineu Febrianti, dan Adrian, film "Barbara" karya Christian Petzold, berhasil lolos menjadi pemenang.

"Dari ke-15 film box office di Jerman, para juri kami yang terdiri dari kritikus film, memilih Barbara menjadi juaranya," kata Elizabeth menambahkan.***1***


Sri Mulyani

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013