Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat, akan melakukan inspeksi keselamatan kendaraan atau ramp check angkutan umum di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang mulai H-7 Lebaran 2023.

Kepala Dishub Kota Bandung Dadang Darmawan mengatakan inspeksi merupakan lanjutan dari ramp check kendaraan perusahaan otobus (PO) pada 24-31 Maret 2023 untuk memastikan seluruh kendaraan, yang digunakan PO laik jalan.

"Persiapan sebenarnya sudah dimulai pekan lalu. Nanti H-7 kita lakukan ramp check di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang," katanya di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Adapun pemeriksaan yang dilaksanakan yaitu berkaitan dengan sistem pengereman, penerangan, kemudi, kualitas ban, kaca tidak pecah, dan alat tanggap darurat.

Sementara untuk administratif yaitu masa berlaku buku uji, STNK, nomor rangka dan kesesuaian dokumen wajib pengemudi.

Termasuk, memeriksa kesehatan para pengemudi yang dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan.

"Kita kerja sama dengan Dinkes. Nanti ada tes urine. Selain kendaraannya, pengemudinya juga harus siap. Kendaraannya laik jalan dan pengemudi siap fisik dan mental," kata Dadang.
Selain itu, Dishub Kota Bandung juga akan mendirikan pos keamanan pada H-7 Idul Fitri di lokasi yang berpotensi kepadatan kendaraan seperti Cicaheum, Ujungberung, Bundaran Cibiru, Simpang Samsat, Simpang Buahbatu, Dago, Ledeng, dan Tegalega.

"Mulai H-7 koordinasi bersama Dishub Jabar dan kepolisian untuk membuat pos keamanan. Ada sekitar sembilan lokasi di Kota Bandung. Pos itu hasil pemetaan titik yang diprediksi lonjakan kemacetan," ujarnya.

Selama Hari Raya Idul Fitri, Dishub Kota Bandung akan menerjunkan sebanyak 600 personel.

 

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023