Ramadhan membuka lebih banyak waktu bagi kaum muslim di seluruh dunia untuk semakin memaksimalkan ibadah seperti puasa hingga shalat serta beragam amalan kebaikan lainnya selama satu bulan penuh.

Ada waktu-waktu terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah termasuk pada saat menunggu azan magrib tiba atau momen ngabuburit. Waktu sore hari bisa dimanfaatkan untuk beribadah, baik sendiri maupun bersama orang-orang terdekat di rumah.

Di era digital seperti sekarang, sudah banyak ragam aplikasi penunjang yang tersedia di ponsel pintar yang memudahkan kaum muslim untuk menjalankan ibadah, mulai dari membaca Al-Qur'an hingga mendengarkan tausiah.

Berikut aplikasi penunjang ibadah yang dapat diunduh melalui Google PlayStore, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Ustadzkita
Aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama RI ini dapat menjadi salah satu opsi yang bisa Anda gunakan. Ustadzkita menyediakan tampilan menu yang ramah bagi pengguna dari seluruh kalangan usia.

Salah satu fitur yang menarik dalam aplikasi ini yaitu "Tanya/Undang Ustadz" yang memungkinkan pengguna untuk chat (mengobrol) dan mengundang ustadz yang berlokasi di sekitar rumah pengguna.


NU Online
Fitur dalam aplikasi NU Online cukup lengkap untuk menunjang ibadah kaum muslim, mulai dari ketersediaan surah-surah Al-Qur'an, bacaan wirid dan doa, fitur penghitung untuk tasbih, tutorial ibadah, hingga artikel-artikel islami.


Muslim Pro
Berbeda dengan aplikasi lainnya, Muslim Pro memungkinkan setiap pengguna untuk merekam perjalanan sejauh mana ibadah yang dijalankan selama memanfaatkan aplikasi. Fitur itu membantu pengguna untuk melihat progres atau kemajuan dalam beribadah setiap hari.


Qara'a
Aplikasi ini cocok bagi pengguna yang ingin belajar membaca Al-Qur'an bagi pemula dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Dengan Qara'a, pengguna dapat melacak progres belajar membaca Al-Qur'an setiap hari.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Aplikasi penunjang ibadah yang cocok jadi teman "ngabuburit"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023