Antarajawabarat.com, 20/5 - Sejumlah Direksi BUMN yang menjadi guru sehari dalam program "Gerakan Direksi Mengajar" di sejumlah sekolah di Kota Bandung, Senin (20/5) berbagi kiat sukses dan menumbuhkan jiwa wirausaha bagi para siswa.

"seluruh anggota direksi berbagi penbgamanan dengan para siswa di tempat mereka menimba ilmu saat SMA. Intinya menginspirasi siswa tentang profesi dan menanamkan ilmu kejujuran, kerja keras dan tekad kuat," kataDirektur Human Capital & General Affair Telkom Indonesia Priyantono Rudito ketika menjadi guru di SMA Negeri 8 Kota Bandung.

Gerakan direksi mengajar itu merupakan instruksi Meneg BUMN terkait dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Intinya menceritakan riwayat pribadi meraih sukes dan berbagi pengalaman semasa sekolah, ujian, hingga korelasi pembelajaran sekolah yang diperoleh dengan pekerjaan yang dijalani.

"Hari ini seluruh Direksi Telkom dan BUMN lainnya menyebar dan menginspirasi para siswa di sejumlah sekolah di Indonesia," katanya.

Selain dirinya, kata Priyantono, Direktur Utama PT Telkom Arief Yahya juga mengajar di SMA Negeri Glagah Banyuwangi yang merupakan almamaternya semasa duduk di SLTA. Demikian halnya direksi lainnya.

"Ini jelas pengalaman berharga bagi kami yang selama ini bergelut dalam pekerjaan, ternyata serasa kembali ke tingkat SMA lagi," kata Arif.

Hal sama juga dilakukan oleh Direktur Utama PTDI Budi Santoso yang mengajar di SMA Negeri 3 Kota Bandung dan SMK Negeri 12 Kota Bandung. Budi merupakan Alumni SMA Negeri 3, sedangkan SMK negerei 12 Bandung merupakan SMK penerbangan yang erat kaitannya dengan dunia kedirgantaraan.

Sementara itu Dirut PT Pindad, Adik Avianto mengajar di SMA Aloysius Kota Bandung. Direksi BUMN lainnya yang berpusat di Kota Bandung seperti PT LEN, PT Inti, PTPN VII dan PTPN VIII, serta PT Bio Farma juga mengajar di sejumlah sekolah almamater masing-masing.

Hal sama juga dilakukan oleh Direktur Kepesertaan PT Jamsostek (Persero) yang mengajar di almamaternya di SMA Negeri Sumedang.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) PT Pertamina Muhammad Afdal Bahaudin juga menghadapi ratusan siwa di SMA Negeri Yayasan Al Ma'soem di kawasan Rancaekek Kabupaten Bandung.

"Generasi muda harus memiliki cita-cita yang tinggi dan jangan meremehkan kemampuan seseorang," kata Afdal.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013