Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Banceuy Bandung menggandeng Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Jabar, menggelar pelatihan sekaligus simulasi tentang mencegah potensi adanya kebakaran di lingkungan Lapas tersebut.  

Kepala Lapas Banceuy Heri Kusrita di Kota Bandung, Rabu. mengatakan seluruh petugas Lapas Banceuy perlu memahami cara penanggulangan apabila ada kebakaran agar jangan sampai kejadian kebakaran yang sebelumnya kembali menimpa Lapas Banceuy.

"Jangan sampai petugas Lapas Banceuy terkena hukuman disiplin hanya karena lalai dalam melaksanakan tugas dan tidak mengetahui langkah-langkah penanggulangan bencana, khususnya kebakaran," kata Heri.

Menurut dia, dalam penanggulangan kebakaran pun para pegawai juga diminta untuk memahami penempatan titik kumpul bagi seluruh orang yang ada di lokasi Lapas.
 
Oleh karena itu dia berharap melalui pelatihan dan simulasi pencegahan potensi kebakaran itu,  seluruh petugas Lapas Banceuy siap siaga serta mengerti upayanya menanggulangi bencana kebakaran.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan Pembinaan dan Pelatihan Diskar PB Kota Bandung Iwa Kartiwa mengatakan kegiatan pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran ini merupakan langkah awal guna menghindari kebakaran.

"Pelatihan yang diberikan mengenai penanggulangan kebakaran alat rumah tangga seperti kompor gas serta pengenalan cairan-cairan yang mudah terbakar," kata Iwa.

Menurut dia, para petugas Lapas Banceuy juga diberi pemahaman terkait fungsi dan cara mengoperasikan alat pemadam api ringan (APAR), selanjutnya petugas Diskar menggelar simulasi pemadaman kebakaran di area terbuka di komplek Lapas.

Sebelumnya, kebakaran sempat terjadi di Lapas Banceuy akibat adanya kerusuhan pada tahun 2016. Dinas Kebakaran saat itu mencatat ada enam titik yang mengalami kebakaran di Lapas Banceuy, termasuk bagian administrasi.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023