Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapatkan gelar sebagai warga kehormatan dari Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).
 
Adapun pemberian gelar itu dilakukan saat Prabowo meninjau Markas Kopasgat yang berada di komplek Pangkalan Udara (Lanud) Sulaiman, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa. 
 
"Saya diberi kehormatan oleh TNI AU, kali ini oleh Komando Pasukan Gerak Cepat. Salah satu pasukan khusus kita, salah satu pasukan elit yang lahir tahun 1947. Salah satu pasukan khusus yang paling tua di Indonesia," kata Prabowo.
 
Menurutnya Kopasgat itu pasukan yang terkenal karena melakukan operasi lintas udara yang pertama di Indonesia saat perang melawan Belanda. 
 
Dia pun menilai keahlian prajurit dari Kopasgat itu tidak kalah dengan pasukan terbaik lainnya di dunia. Indonesia pun, kata dia, membutuhkan pasukan kuat seperti Kopasgat guna mempertahankan negara.
 
"Jadi rakyat sangat mendambakan tentara yang kuat dan hebat. Kita lihat prajurit kita, apabila diberikan leadership, diberi kepemimpinan yang baik, dilengkapi dengan baik, hak-hak mereka diberikan dengan penuh, mereka pasti berprestasi," kata Prabowo.
 
Gelar tersebut disematkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Prabowo pun langsung mengenakan baret oranye sebagai tanda satuan Kopasgat.
 
Selain itu, Prabowo pun melihat pameran alat utama sistem pertahanan (Alutsista) yang dihadirkan di Markas Kopasgat TNI AU dan sempat memimpin apel pasukan.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023