Kota Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023 dari Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin karena telah berupaya mengoptimalkan program jaminan kesehatan bagi masyarakat di Tasikmalaya.

Penghargaan UHC itu diserahkan langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin kepada Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah di Balai Sudirman Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya siapkan pasar murah

"Penghargaan ini kita persembahkan kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya, kita sudah mencapai UHC Universal Health Coverage," kata Cheka melalui siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya, Selasa. 

Ia menuturkan penghargaan yang diraih oleh Kota Tasikmalaya itu merupakan bentuk keberhasilan yang dilakukan bersama oleh seluruh jajaran pemerintah daerah maupun masyarakat.

Kota Tasikmalaya, kata dia, saat ini sudah meraih angka UHC sebesar 97,6 persen yang artinya hanya tinggal 3 persenan lagi masyarakat yang belum masuk sebagai peserta jaminan pelayanan kesehatan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.  
 
"Bahwa Kota Tasikmalaya telah meraih angka UHC sebesar 97,6 persen, artinya hanya tinggal 3,4 persen masyarakat yang belum tercover jaminan kesehatannya oleh BPJS," katanya.
 

Ia berharap angka yang tinggal sedikit lagi itu secepatnya bisa terakomodasi masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan di Kota Tasikmalaya.

Masyarakat Kota Tasikmalaya, kata dia, secepatnya bisa mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan agar kebutuhan pelayanan kesehatannya bisa terpenuhi dengan optimal.

"Sehingga suatu saat nanti semua masyarakat Kota Tasikmalaya bisa tercover di BPJS, dan masyarakat bisa fokus bekerja, tidak lagi memikirkan terkait masalah kesehatan," katanya.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapatkan perlindungan kesehatan yang memadai.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan optimalisasi pelaksanaan program JKN dari seluruh pemangku kepentingan harus dilandasi dengan itikad untuk senantiasa meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Baca juga: Ridwan Kamil: Gedung Creative Center Tasikmalaya harus lahirkan karya hebat

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023