Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasif Rafie Pratama (AMRP) yang sempat disebut hilang kontak dengan keluarganya, ditemukan selamat di Amerika Serikat.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha dan Konsul Jenderal RI di New York Winanto Adi telah menjalin komunikasi langsung dengan AMRP.

“Konjen RI di New York juga telah bertemu langsung dengan beliau. Saat ini AMRP berada di AS dan alhamdulillah dalam keadaan aman,” kata Judha melalui pesan singkat pada Jumat.

AMRP pun telah berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia dan pihak UII untuk menjelaskan kondisinya, termasuk kondisi kesehatannya saat ini.

Dengan telah ditemukannya AMRP dalam keadaan selamat dan aman, kata Judha, maka penanganan hilangnya AMRP dinyatakan telah selesai.


Sebelumnya, Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol. Krishna Murti menyebut keberadaan Dosen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Ahmad Munasif Rafie Pratama (AMRP) sudah terdeteksi di mana yang bersangkutan tidak hilang tetapi mengubah rute kepulangan tanpa pemberitahuan.

“Sudah terdeteksi, yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun,” kata Krishna dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Dosen UII yang hilang terdeteksi masuk AS lewat Bandara Boston

Terkait apa alasan Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut mengubah rute dan apakah ada hal yang membuat perubahan rute tersebut, Krishna belum memberikan informasi lebih lanjut.

Sebelumnya, UII Yogyakarta telah meminta bantuan National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia untuk melacak keberadaan dosennya yang dilaporkan hilang setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Baca juga: UII meminta bantuan Interpol mencari dosen yang hilang kontak

Pihak kampus telah berkomunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul, Turki yang sudah berkoordinasi dengan otoritas setempat.

Seharusnya AMRP kembali 12 Februari 2023 melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlaines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2).

Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2) dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo.
Baca juga: Polri lacak dosen UII belum keluar dari Boston AS

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dosen UII yang sempat hilang kontak ditemukan selamat di AS

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023