Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) meminta ketua dan pengurus KONI Jawa Barat periode 2023-2026 yang baru dilantik untuk juga menyiapkan para atlet di Jawa Barat dalam menghadapi ajang SEA Games XXXII/2023.
 
Ketua Umum KONI Marciano Norman mengatakan daerah Jawa Barat merupakan salah satu penyumbang atlet-atlet untuk timnas Indonesia di berbagai cabang olahraga. Untuk itu, menurutnya atlet dari Jawa Barat perlu terus meningkatkan prestasinya.

"Saya harapkan segera melakukan perencanaan dan evaluasi dalam arti untuk memulai babak kualifikasi PON dalam waktu dekat, dan dalam waktu dekat juga kita akan ikut SEA Games di Kamboja, di mana atlet Jawa Barat yang masuk pelatnas juga sudah mempersiapkan diri," kata Marciano di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.
 
Menurutnya kekuatan atlet dari Jawa Barat juga diperlukan untuk memperbaiki peringkat Indonesia di SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.
 
"Dan untuk Indonesia bisa menaikkan peringkatnya pada Olimpiade, tak akan bisa kita lakukan kalau atlet-atlet yang ada di daerah ini prestasinya tidak meningkat," kata dia.

Dia pun yakin dengan pengurus KONI Jawa Barat periode 2023-2026 yang juga terdiri dari sejumlah akademisi hingga tokoh olahraga itu bisa membuat prestasi atlet dari Jawa Barat semakin meningkat.

"Karena jangan bermimpi kita masuk peringkat baik di Asian Games apabila SEA Games saja kita masih juga berada di peringkat lima, empat, atau tiga. Kita harus juara umum," kata dia.
 
Sementara itu, Ketua KONI Jawa Barat periode 2023-2026 yang baru dilantik yakni Muhammad Budiana mengatakan dalam waktu dekat pihaknya pun langsung mengalami kesibukan untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.
 
"Karena di bulan Maret kami laporkan kepada pak ketum dan sekda, di bulan Maret sudah ada dua cabor yang melakukan pra PON," kata Budiana.
 
Budiana mengatakan di masa kepemimpinan sebagai Ketua KONI Jawa Barat, ada sebanyak 121 orang yang menjadi pengurus. Menurutnya seratusan pengurus itu terdiri dari berbagai kalangan.
 
"Dengan demikian semua itu telah kami satukan, maka konsekuensi dari disatukannya maka jumlah pengurus begitu banyak, tidak apa-apa. Sebagian besar memiliki komitmen yang sama, yaitu mengawal Jabar Juara untuk Indonesia," kata Budiana.

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023