Kepolisian Resor Pangandaran meningkatkan patroli rutin dan menerjunkan tim khusus untuk mencegah aksi kejahatan begal di kawasan wisata untuk menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat dan wisatawan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

"Secara preventif kami laksanakan patroli, polisi berpatroli baik roda dua maupun empat," kata Kepala Kepolisian Resor Pangandaran AKBP Hidayat saat dihubungi wartawan, Ahad.

Baca juga: Wagub Jawa Barat ajak warga berlibur ke Aquarium Indonesia di Pangandaran

Ia menyampaikan upaya meningkatkan patroli itu setelah muncul aksi begal yang dilakukan dua pemuda dengan korbannya perempuan di Pangandaran, Rabu (8/2).

Polres Pangandaran, kata dia, sudah melakukan penindakan terhadap pelakunya, dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Pelaku sudah kami amankan, dan ditetapkan sebagai tersangka," katanya.

Ia menyampaikan kemunculan kasus tersebut tentunya menjadi perhatian Polres Pangandaran untuk melakukan penindakan dan pencegahan segala tindakan kejahatan di Pangandaran.

Khususnya, kata dia, upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di kawasan Pangandaran sebagai destinasi wisata.
"Yang jelas kami laksanakan preventif. Untuk pengunjung wisata juga diimbau tetap berhati-hati," katanya.

Ia mengungkapkan kasus begal di Pangandaran tersebut merupakan baru kali pertama terjadi sejak didirikannya Polres Pangandaran, sebelumnya pernah juga terjadi tapi sudah lama.

Namun untuk kejahatan begal di tempat wisata, kata dia, belum pernah terjadi, dan diharapkan aksi begal itu tidak terjadi menimpa masyarakat dan wisatawan.

Baca juga: Nelayan Pangandaran tewas saat melaut akibat tersambar petir

"Kalau dilihat tren kejadian belum ada di tempat wisata, alhamdulillah janganlah," katanya.

Kapolres menyampaikan pada kasus begal yang baru terjadi di Pangandaran sudah ditetapkan dua tersangka, berikut diamankan barang bukti yang dipakai untuk kejahatan.

Aksi tersangka itu dengan cara memepet korbannya seorang perempuan yang mengendarai sepeda motor, kemudian pelaku berusaha merampas sepeda motor korban.

Namun korban berusaha mempertahankan kendaraannya, hingga akhirnya ada masyarakat membantu korban dan menangkap pelakunya, dan saat ini sudah ditahan untuk menjalani proses hukum.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023