Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat sore ditutup menguat seiring optimisme ekonomi yang berasal dari pembukaan kembali perbatasan China.

IHSG ditutup menguat 55,02 poin atau 0,81 persen ke posisi 6.874,9. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 3,39 poin atau 0,36 persen ke posisi 941,0.

"Sentimen penguatan karena optimisme ekonomi yang berasal dari pembukaan kembali China yg melebihi kekhawatiran tentang perlambatan yang menjulang dan prospek pengetatan moneter lebih lanjut di ekonomi utama lainnya," kata Head of Equity Research Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas kepada Antara di Jakarta, Jumat.

China membuka kembali perbatasannya untuk pengunjung internasional pada hari Minggu (08/01), untuk pertama kali sejak Maret 2020.

Wakil Perdana Menteri China Liu He dalam Forum Ekonomi Dunia (WEF) 2023 di Davos, Swiss, Selasa (17/1), menyambut baik investasi asing dan menyatakan negaranya terbuka untuk dunia setelah tiga tahun melakukan isolasi selama pandemi COVID-19.

Pergerakan ke teritori positif IHSG hari ini sejalan dengan mayoritas bursa saham Asia yang juga bergerak ke zona hijau.

Sementara itu, kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia kemarin (19/01), disebut sudah tidak terlalu berpengaruh terhadap pergerakan IHSG hari ini.

Dibuka menguat, IHSG bergerak ke teritori positif hingga penutupan sesi pertama perdagangan saham. Pada sesi kedua IHSG masih nyaman bergerak di zona hijau hingga penutupan perdagangan saham.

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023