Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendoakan tim nasional Indonesia bisa memenangi laga melawan Vietnam pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

“Hari ini semua mengharapkan kemenangan (untuk timnas Indonesia). Kita doakan menang dan masuk final,” ujar Wapres kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan berdasarkan pengalaman, Indonesia beberapa kali kalah atau imbang dalam laga melawan Vietnam. Menurutnya laga Jumat hari ini akan berat bagi timnas Garuda.

“Soal prediksi nanti, berat ini. Berat sekali. Selama ini Indonesia imbang dan sering kalah, tapi (hari ini) kita harapkan menang,”ujarnya.
 

Indonesia memburu hasil positif saat menjamu Vietnam di GBK untuk leg pertama semifinal pada Jumat hari ini, sebelum ganti bertandang ke Hanoi tiga hari berselang.

Meski sejak 1991 Indonesia memiliki catatan delapan kemenangan dan hanya tujuh kali kalah dalam 25 pertemuan kontra Vietnam, tim besutan Shin Tae-Yong dibayangi rekor nirmenang dalam empat pertemuan terakhir.

Terlebih, Shin juga belum pernah menang kontra Vietnam sejak Park Hang-seo menduduki kursi pelatih di tim Bintang Emas tersebut.


Sementara itu Polda Metro Jaya mengungkapkan 50 ribu tiket pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Jumat sore, telah habis terjual.

"Kita mendapat pemberitahuan dari panitia bahwa dalam pertandingan hari ini panitia menyiapkan tiket untuk penonton sebanyak 50 ribu tiket dan sudah terjual semua," kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Jumat.

Zulpan juga memastikan pihak Kepolisian bersama instansi terkait telah menyiapkan skema pengamanan, untuk memastikan keamanan dan kelancaran mulai dari menjelang pertandingan, saat pertandingan hingga sesudah pertandingan.

"Kami sudah mempersiapkan untuk pengamanan dengan koordinasi dengan pihak panitia. Kemudian kita tuangkan dalam rencana pengamanan, untuk pengamanan pertandingan semi final hari ini kita bertindak sebagai tuan rumah," ujarnya.

Petugas pengamanan dan panitia penyelenggara juga memastikan hanya penonton yang memegang tiket yang bisa memasuki stadion.

Sebanyak 3.642 personel gabungan TNI-Polri dan Pemda DKI Jakarta mendapat tugas pengamanan pertandingan. Selain itu 200 polisi berpakaian beban juga akan diturunkan di dalam dan di luar stadion.

Untuk pengamanan di dalam stadion telah disiapkan 500 orang "steward" sesuai dengan standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Pihak Kepolisian juga mengimbau masyarakat
untuk menghindari kawasan GBK dan sekitarnya untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas terkai laga semifinal Piala AFF tersebut.

Zulpan menerangkan, pihak panitia penyelenggara mengatakan tiket pertandingan sudah terjual habis sehingga kawasan GBK dipastikan dipadati oleh pendukung tim nasional (timnas).


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres doakan timnas Indonesia menang lawan Vietnam

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023