Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat akan terus fokus mengembangkan potensi sektor pertanian dan pariwisata karena dinilai dapat diandalkan untuk membangun daerah dan memberikan keuntungan ekonomi bagi banyak masyarakat.

"Garut ini sekali lagi adalah pertanian dan wisata, kayaknya sekarang juga masih begitu, kita harus terus di situ, paling tidak saya dengan Pak Rudy (Bupati Garut) itu fokus bagaimana membesarkan pertanian dan wisata," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di Auditorium Kampus 4 Universitas Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa.

Baca juga: Dekranasda Garut studi pengembangan UMKM ke Sleman

Ia menuturkan kepemimpinan Kabupaten Garut oleh Rudy Gunawan dan Helmi Budiman selalu memberikan perhatian khusus pada sektor pariwisata dan pertanian untuk membangun daerah Garut.

Alasannya karena Garut memiliki histori dan alam yang cukup bagus di bidang pertanian dengan lahan pertanian yang luas, dan pariwisata yang sudah dikenal sejak era kolonial, sehingga menjadi kegiatan bisnis utama di Garut.

"Core bisnis kita adalah dari pertanian, karena memang masyarakat kita 70 persen adalah petani, kondisi geografis di kita itu adalah lahan-lahan pertanian. Dan kenapa pilih wisata, karena wisata ini sudah menjadi core bisnis Kabupaten Garut sejak zaman Belanda," katanya.

Helmi menyampaikan potensi pertanian di Garut selama ini terus berkembang didukung dengan keberadaan sumber daya alam maupun manusia.

Selain itu, lanjut dia, sektor pariwisata di Garut selama ini memiliki daya tarik tersendiri, bahkan sudah dikenal oleh bangsa eropa pada zaman dulu, terbukti sejak itu sudah banyak berdiri sejumlah hotel di Garut.
"Garut ini adalah daerah yang sangat terkenal, bukan hanya sekarang tapi juga dari dulu, bagaimana Garut terkenal dengan banyaknya hotel, ketika di Bandung dibangun pusat pemerintahan, di Garut dibangun apa, dibangun tempat wisata," kata Helmi.

Oleh karena itu, ia berharap potensi daerah Garut dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu perhatian semua pihak dalam menjaga alam Garut.

Baca juga: Garut Festival tahun 2023 ditargetkan bisa libatkan 1.000 IKM

Salah satu yang harus dijaga baik agar pertanian dan pariwisata tetap menjadi andalan Garut yakni ketersediaan air, karena air memberikan keindahan bagi tempat wisata, dan juga menunjang pertanian.

"Ada satu yang paling utama yang mesti kita perhatikan, yang pertama adalah air, jadi wisata kita disebut indah itu ketika ada air, bayangkan wisata Bagendit, Cangkuang airnya enggak ada, gimana, ya? Enggak indah lagi," kata Helmi.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022