Para sukarelawan, yakni dokter dan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Kedokteran (FK) bersama Ikatan Alumni (ILUNI) FKUI dan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, kini berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,  untuk memberikan bantuan medis kepada korban bencana gempa bumi di daerah itu.

Wakil Ketua Tim ILUNI-FKUI-RSCM, dr. M. Deryl Ivansyah dalam keterangan di Depok,  Senin mengatakan Tim 1 bergerak merapat ke RS Bhayangkara Cianjur untuk ikut membantu dalam kegiatan operasi pasien-pasien fraktur.

Menurut dia terdapat satu orang pasien rujukan di RS Bhayangkara Sukabumi dengan fraktur pelvis yang diakibatkan oleh tertimpa reruntuhan gempa.

Tim pertama telah diberangkatkan pada Selasa (22/11), kemudian gelombang selanjutnya dengan jumlah tenaga medis dan bantuan yang lebih besar berangkat pada Sabtu (26/11) 2022.

Tim gabungan ILUNI-FKUI-RSCM berjumlah 30 orang yang terdiri atas dokter spesialis orthopedi 5 orang; dokter anestesi 1 orang; residen (PPDS) orthopedi dan anestesi 5 orang.

Lalu, tim EMT (Emergency Medical Team) IGD RSCM, yakni dokter, perawat, farmasi dan sopir berjumlah 8 orang; dan mahasiswa 11 orang, terbagi menjadi tiga kelompok dan memulai kegiatan pada Kamis (24/11).


Tim pertama menangani operasi pasien di RS Bhayangkara Sukabumi dua pasien), Tim kedua melakukan pemeriksaan dan asesmen pasien-pasien IGD RS Bhayangkara Cianjur, dan Tim EMT

Sukarelawan medis UI kembali memulai aksi kemanusiaan dengan membagi tim gabungan menjadi dua, yaitu Tim 1: melakukan tindakan operasi 1orang pasien di RS Bhayangkara Sukabumi; melakukan penyerahan donasi bmhp berupa Gips untuk RS Bhayangkara Cianjur; dan berkoordinasi dengan dokter di RSUD Sayang Cianjur.
Sementara itu, Tim 2 bersama dr. Fifi, pengurus ILUNI FKUI, mengevaluasi dan berkoordinasi dengan Pusat Krisis kesehatan, Karumkit RS Bhayangkara & Cianjur, RSUD Sayang Cianjur, sukrelawan lain, dan warga sekitar untuk mencari lokasi pendirian posko tim medis dan distribusi bantuan logistik ILUNI-FKUI-RSCM.

Karena "flow "pasien terdampak langsung bencana telah berkurang dan tim organik (internal) RS dianggap cukup untuk melakukan pelayanan, sehingga diputuskan Tim EMT ambulans RSCM dan Anestesi kembali ke Jakarta, namun Tim Ortopedi dan dokter ILUNI FKUI tetap "standby" di lokasi bencana untuk persiapan membuka posko medis serta berjaga-jaga apabila bantuan operasi kembali dibutuhkan.

Sebelumnya dilaporkan Universitas Indonesia mengirimkan 12 mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam UI dan Geography Mountaineering Club Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI ke Cianjur, Jawa Barat untuk membantu korban gempa di daerah itu.

Dalam melakukan kegiatan UI Peduli ini, Mapala UI berkoordinasi dengan instansi terkait, salah satunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.

"Selain membagikan logistik berupa akomodasi dan konsumsi kepada para korban gempa, mahasiswa UI juga mendukung kegiatan BPBD melakukan asesmen daerah yang terisolir dan pemetaan daerah terdampak agar bantuan dapat terdistribusi tepat sasaran ke korban yang paling membutuhkan," kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia di Depok, Kamis.

Ia mengatakan asesmen juga dilakukan terhadap kondisi sekolah-sekolah di Cianjur dan tingkat kerusakan untuk memperoleh gambaran bagaimana kegiatan pendidikan di daerah tersebut dapat segera pulih.

UI Peduli merupakan wujud pengabdian masyarakat UI, baik berbentuk aksi maupun bantuan sosial, yang disebarkan ke seluruh Tanah Air.

Amelita mengatakan Tim UI Peduli berada di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM).

Selama ini, UI Peduli selalu gerak cepat turun ke daerah yang mengalami bencana dengan menggandeng beberapa pihak atau mitra, mulai dari Iluni (Ikatan Alumni) UI, pemerintah setempat, memberikan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban.


Baca juga: Tim DVI Polri berhasil identifikasi 146 jenazah korban gempa Cianjur

Baca juga: 80 korban gempa Cianjur dirawat di rumah sakit di Kota Bandung

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Relawan FKUI-ILUNI-RSCM bantu penanganan korban bencana Cianjur

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022