Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengirimkan 1,5 hingga 2 ton rendang untuk membantu kebutuhan logistik masyarakat terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Kita terus menghimpun bantuan berupa rendang dari berbagai pihak untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur. Mudah-mudahan bisa terkumpul 1,5 sampai 2 ton," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Kamis.

Ia mengatakan hari ini akan langsung mendistribusikan rendang yang sudah terkumpul ke lokasi bencana. Sisanya akan dikirimkan saat bantuan telah terkumpul semua. "Kita bergerak cepat untuk memberikan bantuan ini," katanya.

Bantuan rendang itu diharapkan bisa sampai di lokasi pada Jumat sore atau malam dan langsung diserahkan pada masyarakat atau Pemprov Jawa Barat.

"Hingga tadi malam sudah terkumpul 599 kilogram rendang. Masih banyak yang konfirmasi untuk membantu, namun belum diantar ke posko di BPBD," katanya.

"Awalnya kita berniat beli sudah, namun ada usul agar bisa lebih banyak rendangnya dimasak sendiri," katanya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi bahkan ikut memasak rendang tersebut bersama tim dari BPBD.
Sementara itu PT Semen Padang turut berpartisipasi memberikan bantuan 100 kilogram rendang untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang diinisiasi oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi.

"Rendang merupakan masakan siap saji yang tahan lama. Rendang ini akan bermanfaat bagi para korban gempa, dan semoga bantuan rendang ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang dilanda bencana gempa," kata Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Padang Iskandar Z Lubis di Padang, Kamis, usai menyerahkan bantuan rendang kepada BPBD Provinsi Sumbar.

Iskandar mengatakan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang yang sebelumnya dikirim PT Semen Padang untuk misi kemanusiaan ke lokasi gempa di Cianjur, juga siap membantu Pemprov Sumbar dalam mendistribusikan bantuan rendang tersebut.

"Relawan kami sudah berada di Cianjur sejak hari ketiga setelah gempa. Kami juga sudah koordinasikan dengan para relawan soal pendistribusian rendang untuk korban gempa, dan mereka siap untuk membantu Pemprov Sumbar," ujarnya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar kirim 1,5 ton rendang untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Miko Elfisha

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022