Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengawal penanganan dan penyaluran bantuan sosial dari pemerintah bagi warga yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Deputi Kepala BPKP Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pengembangan Manusia, dan Kebudayaan Iwan Taufiq Purwanto mengatakan bahwa pengawalan dilakukan untuk memastikan semua warga yang terdampak gempa mendapatkan hak mereka.

"Dibutuhkan pengawalan terhadap penanganan bencana gempa bumi agar bantuan yang diserahkan dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Iwan di Jakarta, Kamis.

Menurut Iwan, BPKP telah menurunkan tim ke lokasi bencana dan pos pengungsian untuk melihat langsung proses penanganan dan pendistribusian bantuan bagi korban gempa bumi.

"Tim gabungan BPKP pusat dan perwakilan BPKP Jawa Barat telah terjun ke lapangan untuk meninjau langsung posko-posko dan dapur umum sekaligus memantau distribusi, penyaluran bantuan dari pemerintah, untuk memastikan masyarakat telah tertangani dengan baik," kata dia.
"Berdasarkan laporan dari tim gabungan, lokasi yang disambangi adalah posko pengungsian dan dapur umum yang berada di BPBD, Cianjur," ia menambahkan.

Ia mengatakan bahwa tim gabungan BPKP selanjutnya akan memantau langsung distribusi bantuan bagi korban gempa di sejumlah titik. 

Baca juga: TMMD 2023 bisa diarahkan perbaiki infrastruktur di Cianjur, sebut Wakasad

Baca juga: MUI mengajak masyarakat perkuat solidaritas bantu korban gempa Cianjur

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPKP kawal penanganan dan penyaluran bantuan bagi korban gempa Cianjur

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022