Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Kabupaten Garut, Jawa Barat menyiapkan tim medis berikut ruang khusus perawatan apabila ditemukan pasien dengan kasus gangguan ginjal akut di daerah setempat.

"Dokter spesialis kita siapkan, tenaga kesehatan dari beberapa ruangan secara bergilir akan disiapkan untuk penanganan kasus ginjal," kata Juru Bicara RSUD dr Slamet Garut Cecep Ridwan di Garut, Minggu.

Ia menuturkan RSUD dr Slamet sudah mempersiapkan diri sejak kemunculan kasus gangguan ginjal akut yang terjadi di sejumlah daerah luar Garut.

Selama ini, kata dia, RSUD Garut belum menangani kasus gangguan ginjal akut, meski begitu jajarannya tetap siaga menyiapkan tim medis dan peralatannya untuk memberikan pelayanan maksimal.

"Sementara belum ada. Namun kami RSUD dr Slamet Garut telah siap memberikan pelayanan kesehatan," kata Cecep.

Ia menyampaikan tidak hanya menyiapkan tenaga medis dan peralatannya, tetapi ruangan khusus untuk pasien kasus gangguan ginjal dengan kapasitas 10 tempat tidur.

Alasan menyiapkan ruangan khusus itu, kata dia, agar tim medis bisa lebih fokus dalam penanganan kesehatan pasien kasus gangguan ginjal akut.
"Ruangan IGD yang disiapkan ini kalau ada kasus ginjal akut agar petugas kesehatan bisa lebih fokus melakukan penanganan," katanya.

Ia menambahkan RSUD Garut tidak hanya melakukan langkah antisipasi dalam penanganan kasus gangguan ginjal, tetapi pada kasus lainnya.

Salah satunya, kata dia, penanganan kasus COVID-19 juga masih terus dilakukan dengan tetap menyiapkan ruangan khusus dan petugas medis yang bertugas sesuai protokol kesehatan.

"Untuk kasus COVID-19 juga tetap dilakukan di Gedung Cempaka, pelayanannya tetap sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur)," kata Cecep.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022