Sekitar 10 ribu anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Rijalul Ansor se-Jawa Barat menggelar apel silaturahmi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022, di Kabupaten Purwakarta, Sabtu.

“Sebelum menggelar apel akbar yang dibalut dengan ajang silaturahmi dengan sesama organisasi kepemudaan Nahdlatul Ulama itu, kami telah menggelar sejumlah kegiatan sosial dalam memperingati Hari Santri tahun ini,“ kata Ketua Pelaksana Apel Akbar Banser dan Rijalul Ansor se-Jawa Barat, KH Ahmad Anwar Nasihin, di Purwakarta.

Ia menyampaikan, di antara kegiatan sosial yang telah digelar itu ialah membersihkan lebih dari 10.000 masjid dan mushola di seluruh wilayah Jawa Barat.

Kegiatan tersebut telah digelar secara serentak pada 22-24 Oktober 2022.

Menurut Kiai Anwar, di antara tujuan digelarnya kegiatan sosial itu ialah mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga rumah ibadah.

“Kegiatan bersih-bersih itu menunjukkan Banser maupun Ansor yang sangat mencintai masjid,” katanya.

Secara teknis, kegiatan gotong royong itu dilakukan di 5.000 desa yang tersebar di Jawa Barat. Untuk masing-masing desa, para anggota Banser dan Rijalul Ansor diberi tugas membersihkan minimal dua masjid atau mushola bersama masyarakat setempat.
Tak hanya membersihkan, mereka juga memberikan bantuan peralatan kebersihan hingga karpet untuk ibadah di masjid dan mushola tersebut.

“Jadi acara ini (apel akbar) bisa dibilang sebagai syukuran atas prestasi yang dicapai para anggota Banser dan Rijalul Ansor, yakni telah berhasil membersihkan 10.000 masjid di Jawa Barat,” katanya.

Kepala Satuan Koordinator Wilayah Banser Jawa Barat, Yudi Nurcahyadi, menyampaikan makna peringatan Hari Santri Nasional ialah sebagai bentuk terima kasih atas jasa para santri dan ulama yang telah membantu memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia pada masa penjajahan dulu.

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Ketua PW GP Ansor Jawa Barat Denni Ahmad Haidar dan Ketua PC GP Ansor di sembilan kabupaten wilayah Pantura. 


 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022