Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Pasaribu menilai pasar kendaraan segmen sport utility vehicle (SUV) di Indonesia masih kuat, tetapi ke depan cenderung akan menghadapi tantangan sulit di tengah situasi saat ini, termasuk kenaikan harga BBM.

Yannes saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa, mengatakan sebagian besar segmentasi pasar di kelompok milenial lebih tertarik pada mobil SUV dan crossover yang berpenampilan lebih kokoh dan tangguh.

Namun, kenaikan harga BBM berpotensi membuat kelompok tersebut bergeser ke segmentasi mobil yang lebih irit bahan bakar seperti city car.

"Segmen city car yang lebih efisien BBM dan lebih murah dibandingkan dengan model SUV akan menjadi keunggulan kompetitifnya," ucap Yannes.

Menurut dia, pada segmen SUV dan crossover, konsumen umumnya sudah tidak lagi melihat kekuatan merek, melainkan kualitas desain produk, banyaknya fitur berteknologi digital, jaminan penjualan, perawatan, dan suku cadang, hingga jaminan harga purna jual.

"Kemudahan kepemilikan melalui sistem penjualan yang inovatif dan jaminan harga purna jual menjadi kunci utamanya," kata dia.

 

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022