Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menerjunkan sejumlah personel untuk siaga dan membantu warga yang rumahnya terdampak banjir bandang luapan sungai di Kecamatan Cihaurbeuti.

"Untuk rumah yang terdampak sudah selesai, penduduk aman," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet di Ciamis, Sabtu.

Ia menuturkan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis pada Jumat (7/9) menyebabkan Sungai Cibuyut meluap dan menggenangi sejumlah rumah warga dan areal pertanian di empat dusun di Cihaurbeuti.

Baca juga: Wagub Jabar serahkan bantuan bagi korban tanah longsor di Ciamis

Masyarakat bersama petugas gabungan lainnya, kata dia, sudah berupaya menanggulangi daerah yang terdampak banjir tersebut, dan dipastikan tidak ada yang mengungsi dalam bencana banjir itu.

Ia menyampaikan selain siaga di daerah terdampak banjir, jajarannya bersama tim gabungan dari Basarnas, kepolisian, TNI, dan sukarelawan melakukan pencarian terhadap satu orang pengendara sepeda motor yang terseret arus banjir.

"Masih dilakukan pencarian bersama anggota Basarnas Pos SAR Tasikmalaya," katanya.
Ia mengungkapkan daerah tersebut memiliki potensi terjadinya banjir luapan sungai. Kawasannya terjal sehingga masyarakat harus selalu waspada apabila terjadi hujan deras.

Baca juga: BPBD Ciamis siagakan personel untuk bantu korban bencana di Cihaurbeuti

BPBD Ciamis sudah menyosialisasikan kepada masyarakat agar menghindari daerah yang memiliki potensi terjadinya banjir, apalagi saat ini masih sering turun hujan.

"Selalu waspada pada cuaca yang tidak menentu, dan apabila terjadi lagi (banjir, red.) segera mencari tempat aman," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022