Petugas gabungan terdiri dari Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, bersama petugas BPBD Cianjur dan warga sekitar melakukan penanganan cepat untuk membuka kembali jalur utama Cianjur-Bogor yang terputus sementara akibat pohon tumbang.

Jalur utama Cianjur-Bogor, tepatnya di jalan raya Cangklek-Cugenag, terputus sementara akibat pohon mahoni berukuran besar tumbang menutup seluruh landasan jalan, antrean panjang kendaraan terjadi di kedua arah, petugas gabungan berupaya melakukan penanganan cepat agar arus dapat melintas normal.

Baca juga: BPBD Cianjur peringatkan bahaya cuaca ekstrem 3 hari ke depan

Pantauan hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Cianjur Selasa petang hingga malam, menyebabkan pohon mahoni berukuran besar berumur tua yang berdiri di pinggir jalan nasional Cianjur itu, tumbang menutup seluruh badan jalan, sehingga arus lalu lintas terhenti.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun antrean panjang kendaraan dari kedua arah terus memanjang selama petugas gabungan melakukan proses evakuasi pohon yang menutup seluruh bagian jalan menggunakan gergaji mesin dan alat manual lainnya.
Keterangan saksi mata menyebutkan pohon berusia itu, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon berusia tua itu, tiba-tiba tumbang menutup seluruh landasan jalan. Saat kejadian arus lalulintas cukup sepi sehingga tidak ada kerugian materi akibat peristiwa tersebut.

"Tiba-tiba pohon langsung tumbang menutup jalan nasional, sehingga terjadi antrean panjang kendaraan dari kedua arah Cianjur atau dari arah Bogor. Kami langsung melaporkan ke petugas kepolisian dan BPBD Cianjur, guna melakukan penanganan cepat," kata saksi mata Deri warga sekitar.

Baca juga: BPBD Cianjur sudah tuntaskan penanganan 26 bencana alam

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Yudistira, pihaknya mengarahkan pengendara untuk mengambil jalur alternatif Sukabumi dan Jonggol dari arah Cianjur, guna mengantisipasi antrean yang terus memanjang selama penanganan cepat yang dilakukan petugas gabungan.

"Petugas gabungan berupaya untuk membuka kembali jalur utama yang terputus akibat pohon tumbang. Namun untuk pengguna jalan dengan tujuan Bogor dan Jakarta dari arah Cianjur, kita arahkan ke jalur alternatif Sukabumi dan Jonggol," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022