ANTARAJAWABARAT.com,26/9 - Jambu biji merah produksi sejumlah petani di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pasok kebutuhan pabrik minuman kemasan di Jakarta.

Ojo, petani jambu biji merah di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, Rabu, mengatakan, hasil panen jambu biji merah dipasok ke Jakarta untuk pabrik pengolah minuman kemasan.

"Pabrik yang menampung jambu merah yakni, pengolah minuman kemasan rasa jambu biji merah,"katanya.

Ia menambahkan, kebutuhan pabrik minuman kemasan di Jakarta, mampu meningkatkan harga jual hasil petani karena cukup tinggi dibandingkan pesanan lain.

Sementara itu, Parno petani jambu biji merah di Cirebon menuturkan, kemarau panjang permintaan jambu biji merah meningkat, tapi petani setempat tidak mampu memenuhi pesanan pelanggan mereka karena lahannya mengering.

"Lahan kebun jambu biji merah di Majalengka meski kemarau tetap produktif karena masih ada pasokan air,"katanya.

Berbeda dengan sejumlah petani jambu biji merah di Kabupaten Cirebon terpaksa menebang pohon jambunya, untuk ditanam kembali saat musim penghujan tiba.

Wartini, pemilik kebun jambu biji merah lain di Cirebon mengaku, pesanan jambu biji merah terus berdatangan dari Bandung, Jakarta, tapi tidak terpenuhi akibat kebun miliknya mengering, padahal usaha tersebut andalan keluarga mereka.***3***

Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012