ANTARAJAWABARAT.com,21/8 - Ribuan wisatawan "menyerbu" obyek wisata alam di kawasan Bandung Selatan yakni kawasan Hutan Ciwidey dan Pangalengan Kabupaten Bandung, Selasa.

Bandung Selatan memiliki berbagai objek wisata alam, seperti Kawah Putih, Patenggang, Ciwalini dan Kampung Cai di puncak Gunung Patuha sudah mulai dipadati pengunjung yang didominasi oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor.

"Melihat kendaraan yang melintas tidak hanya dari wilayah Bandung, namun ada juga kendaraan dari Jakarta, Bogor dan Purwakarta. Hari ini lebih banyak dibandingkan Senin kemarin," kata Bripka Asep dari Polsek Ciwidey.

Konvoi kendaraan wisata mengalir ke kawasan obyek wisata Ciwidey sejak pagi hari. Hingga siang hari rombongan wisatawan terus mengalir ke kawasan obyek wisata di puncak gugusan pengunungan di Bandung selatan itu.

Rata-rata wisatawan berkunjung hanya untuk satu hari, hanya sebagian kecil yang menginap di obyek wisata itu.

"Rata-rata kendaraan pulang hari, hari ini cukup padat," katanya.

Kawasan obyek wisata Ciwidey merupakan salah satu kawasan yang mendapat pengamanan polisi yang ekstra karena kerap terjadi kemacetan total di kawasan itu pada setiap Liburan Hari Lebaran.

Sama halnya di obyek wisata Situ Cileunca Pangalengan juga menjadi salah satu obyek wisata alam di kawasan produsen susu di Bandung selatan itu.

Bludakan pengunjung juga terjadi dipemandian air panas Cibolang di Kecamatan Kertasari yang berjarak enam kilometer dari Pangalengan. Obyek wisata Cibolang yang menyediakan empat unit kolam pemandian air panas itu lebih didominasi oleh wisatawan dari warga lokal di Bandung Selatan.

Hal sama di Curug Cinulang Cicalengka, juga diserbu pengunjung. Terutama anak-anak muda dari kawasan Bandung timur yang sengaja berkunjung ke kawasan wisata alam itu. Sebagian dari wisatawan juga mengunjungi obyek wisata Gunung Kareumbi.

Sementara, kawasan obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu dan Maribaya menjadi salah satu obyek wisata favorit di kawasan Bandung utara. Akibatnya terjadi kepadatan arus lalu lintas mulai dari Ledeng Kota Bandung hingga Lembang.

Sama halnya juga terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata bunga Cihideung Kecamatan Parongpong. Kemacetan juga terjadi di sepanjang Jalan Sersan Bajuri hingga ke kawasan wisata Kampung Gajah dan wisata bunga Cihideung.

"Kawasan wisata merupakan salah satu target pengalaman pada Liburan Lebaran, jumla pengunjung meningkat signifikan, sehingga kita juga mengoptimalkan sejumlah jalur alternatif ke kawasan itu baik melalui Cihanjuang, Ciwaruga maupun ke jalur Batureok-Lembang," kata Kapolres Cimahi AKBP Anwar.

Jalur Lembang juga merupakan akses warga Bandung untuk menuju kawasan obyek wisata Ciater Subang.***3***


Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012