Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang berasal dari Desa Tawangsari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, meminta tolong untuk dipulangkan Pemerintah Indonesia, karena mengalami sakit keras di Arab Saudi, dan masih tertahan, disebabkan tidak bisa membayar denda. 

"Anak saya saat ini sedang di Arab Saudi untuk kerja, tapi kondisinya sakit keras, mau pulang tidak punya uang membayar denda," kata Warsono, bapak dari TKW Indramayu yang sakit Cucun Cuniati, Jumat. 

Warsono mengatakan anaknya berangkat ke Arab Saudi pada Desember tahun 2021 lalu, bertujuan memperbaiki ekonomi keluarga. 

Namun penyakit yang menyerangnya kini membuat Cucun, tidak bisa lagi bekerja karena sakitnya kronis, dan membuat dia tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala. 

Akan tetapi lanjut Warsono, keinginan Cucun untuk pulang ke kampung halamannya terhalang kontrak kerja, di mana ketika memaksa pulang akan didenda hingga Rp80 juta. 

"Uang sebanyak itu kami dapatkan dari mana. Kami minta bantuan kepada Pemerintah Indonesia, agar dapat memulangkan Cucun," ujarnya. 

Menurutnya Cucun, baru bekerja selama dua bulan sebelum dokter mendiagnosis yang bersangkutan menderita penyakit kista kronis. 
Sementara melalui video yang beredar berdurasi satu menit lebih, Cucun sangat memohon kepada pemerintah untuk bisa memulangkannya kembali ke tanah air.

Ia menyampaikan, saat ini sedang berada di sebuah kantor yang merekrutnya ke Arab Saudi, di mana sudah sekitar tiga bulan lamanya berada di sana dan tidak bekerja.

"Saya di sini sudah tidak sanggup untuk bekerja lagi. Saya mohon pulangkan saya," kata Cucun melalui video tersebut.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022