Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sandal berbahan kayu Mahoni dan Jati asal Tasikmalaya, Jawa Barat, yang membuka gerai di Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), ternyata sudah merambah pangsa ekspor hingga ke pasar konsumen di Prancis dan Thailand.
 
"Ekspor ke Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga  berkontainer-kontainer," kata pemilik Minimax Gallery, Renny Octavia kepada ANTARA di Kawasan PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu malam.
 
Namun, Renny mengatakan pandemi wabah virus corona menghentikan kegiatan ekspor ke dua negara tujuan tersebut. Baru tahun ini produknya akan terbang kembali ke Prancis.
 
Renny mengaku sudah mengikuti kegiatan PRJ sejak 2013, namun merasa kurang puas dengan penjualan saat ini yang tidak begitu bergairah dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.
 
Renny mengatakan sebelum pandemi mampu menjual hingga 5.000 pasang selama pameran berlangsung.  Tahun ini ia berharap bisa menjual 4.000 pasang selama PRJ. 
 
Pemulihan ekonomi
 
Pameran terbesar di DKI Jakarta, Jakarta Fair diharapkan dapat memulihkan perekonomian serta mengurangi pengangguran di Ibu Kota, kata Koordinator Pariwisata, KUKM dan Perindag Biro Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Saraswati.

Dia juga mengatakan, perekonomian DKI Jakarta memiliki kontribusi terbesar dalam perekonomian Indonesia, yakni sebesar 17,19 persen pada 2021.
"Perekonomian di Jakarta didukung oleh sektor tersier sebesar 75 persen, salah satunya dari pariwisata, termasuk Jakarta Fair," kata Saraswati saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Karena itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan konsumsi terhadap produk-produk di Jakarta.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mencatat pada perhelatan terakhir Jakarta Fair tahun 2019 (sebelum pandemi) setidaknya dapat menarik 6,8 juta pengunjung dengan total transaksi mencapai Rp7,5 triliun.

Selain itu, Jakarta Fair juga menyerap minimal 30 ribu pekerja, baik untuk "Sales Promotion 
Girl (SPG), pekerja gerai, petugas kebersihan, penjaga loket hingga petugas keamanan.

Tahun ini, Jakarta Fair di Pekan Raya  Jakarta (PRJ) Kemayoran kembali diadakan setelah vakum dua tahun akibat pandemi COVID-19. Pameran dibuka pada 9 Juni dan ditutup 17 Juli 2022

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandal bahan Mahoni asal Tasikmalaya rambah pasar Prancis

Pewarta: Chairul Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022