PT Jawa Satu Power (JSP) melakukan pelepasan puluhan ekor burung pleci atau kacamata jawa (zosterops flavus) dan penanaman pohon mangrove di wilayah pantai Cilamaya, Karawang, Jawa Barat.

"Pelepasan burung dan penanaman pohon mangrove ini dilakukan dalam rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni," kata Direktur Utama JSP Asistia Semiawan di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati untuk memupuk kesadaran para pekerja JSP terhadap kelestarian lingkungan. Apalagi perusahaan ini tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 dan ke depannya mengoperasikannya.

"Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Minggu (5/6) dengan agenda menonton film bertema kelestarian lingkungan dan pemadaman listrik selama satu jam. Adapun kegiatan hari ini menjadi puncak acara dengan beberapa aktivitas sekaligus," kata dia.

Puluhan pekerja JSP juga melakukan aksi pungut sampah anorganik di sepanjang jalan yang menghubungkan lokasi pembangkit dengan fasilitas dermaga (jetty).

Tak hanya itu, jajaran direksi, manajemen, dan pekerja JSP juga melakukan penanaman ratusan pohon mangrove dan ketapang (Terminalia catappa).

"Keberadaan tanaman ini diharap bisa menjaga kawasan pantai dari abrasi," katanya.

PT JSP sendiri merupakan perusahaan konsorsium dari PT Pertamina Power Indonesia (PPI) - subholding Power and New Renewable Energy dari PT Pertamina (Persero), Marubeni Corporation dan Sojitz Corporation.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jawa Satu Power lepas puluhan burung pleci di pesisir pantai Karawang

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022