Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni P Joewono mengapresiasi capaian pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat pada triwulan I-2022 yang mencapai 5,61 persen, atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional.
 
"Di atas lima persen itu sudah menunjukkan hal yang bagus. Ekspor bagus, konsumsi naik, dan investasi tumbuh," kata Doni P Joewono pada acara pembukaan event Karya Kreatif Jabar (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) di Kota Bandung, Sabtu.
 
Baca juga: BI sebut cadangan devisa April sebesar 135,7 miliar dolar AS
 
Doni mengemukakan Jabar patut berbangga dengan pencapaian pertumbuhan tersebut yang sudah on the track seiring dengan membaiknya kinerja perekonomian.
 
Menurut dia, capaian itu tidak lepas dari keberhasilan Jabar dalam menanggulangi bencana dan pemberian vaksin, yang membuat mobilitas masyarakat kembali normal dengan protokol kesehatan ketat.
 
"Ekspor Jabar tumbuh 17 persen, konsumsi juga memberikan share 60 persen kepada pertumbuhan ekonomi. Artinya, vaksinasi berjalan maksimal, sehingga mobilitas kembali bergerak," katanya.
 
Dalam kesempatan ini, ia juga mendorong UMKM di Jabar masuk dalam katalog elektronik (e-katalog), agar belanja pemerintah daerah Jabar bisa terserap UMKM. Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Jabar menjadi offtaker bagi produk UMKM.
 
"BI akan terus mendukung Jabar dalam membantu UMKM, termasuk mendorong UMKM masuk dalam e-katalog pemerintah dan BUMN," tuturnya.
 
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan UMKM di Jabar memiliki kesempatan bagus dengan masuk dalam belanja pemerintah atau e-katalog.
 
"Apalagi Presiden mengarahkan 40 persen belanja melalui e-katalog, sama dengan Rp169 triliun. Kesempatan emas tentunya bagi UMKM di Jabar," ujarnya.

Baca juga: BI catat penjualan eceran meningkat pada April 2022

Oleh karena itu, ia berharap UMKM di Jabar segera melakukan registrasi di e-katalog dan menawarkan produk-produk berkualitas dalam pengadaan jasa pemerintah.
 
"Ini akan semakin mendorong pertumbuhan ekonomi Jabar dari sisi konsumsi dan belanja pemerintah. Tahun 2022 kita fokus untuk kebangkitan ekonomi Jabar," tutur Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.
 
Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan lebih dari 1.000.000 UMKM sudah terdaftar di e-katalog pemerintah dengan jumlah produk mencapai 304.000 jenis.  

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022